Rabu, 04 Sep 2019 16:10 WIB

Impian Motor Listrik Made In Bandung

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dikhy Sasra/detikcom Foto: Dikhy Sasra/detikcom
Bandung - Selain Gesit, Bangsa ini punya motor listrik buatan anak bangsa lainnya. Motor listrik tersebut adalah SDR dari Bandung yang dikelola oleh PT Arindo Pratama.

Kendati berstatus pendatang baru, motor listrik SDR ternyata memiliki harapan tinggi. Tak main-main status sebagai penguasa pasar motor listrik pun dibidik.



"Saya pengen menguasai pasar motor listrik di Indonesia, pemain motor kan sudah banyak ya, gesit juga ada mudah-mudah saya bisa nguasai pasar, berjuang," ujar pemilik PT Arindo Pratama, Soegeng Rijadi saat ditemui di detikcom di kediamannya, Bandung, Jawa Barat.

Untuk mencapai target itu pun PT Arindo Pratama tengah mempersiapkan pabrik produksi motor listriknya yang akan aktif awal tahun 2020. Sebagai motor pertama yang dirakit di sana adalah SDR E-Trail. Sementara itu model streetfighter yang sebelumnya telah diperkenalkan tak masuk lini produksi pabriknya lagi.

motor listrik SDRmotor listrik SDR Foto: Dikhy Sasra


"Harapan saya awal tahun 2020 nanti sudah produksi masal di Cirebon. Sekarang saya kan baru mulai perijinan IMB baru proses dua bulan lalu. Saya targetkan akhir tahun ini satu gedung udah selesai. Yang diproduksi nanti yang trail ini," ungkap Soegeng.



Pabrik itu pun memiliki kemampuan produksi yang cukup masif. Soegeng mengatakan dalam satu bulan pabriknya dapat menghasilkan 1.000 unit.

"Target awal kapasitas 1000 sebulan," jawabnya singkat.

Motor listrik bergaya trail itu pun sudah memiliki kandungan dalam negeri sebesar 70 persen. Komponen yang masih diimpor saat ini adalah komponen baterai, motor listrik, dan controllernya.

Simak Video "Tes Performa Motor Listrik yang Bisa Mundur"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com