Selasa, 27 Agu 2019 21:01 WIB

Ada SIM Baru, Piaggio: Lumayan Tambah Kartu Elektronik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menunjukkan contoh Smart SIM Foto: Yulida/detikcom Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menunjukkan contoh Smart SIM Foto: Yulida/detikcom
Jakarta - Surat Izin Mengemudi (SIM) akan dibuat lebih canggih. Korlantas Polri akan meluncurkan Smart SIM yang dilengkapi dengan uang elektronik.

Nantinya, Smart SIM bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi karena mampu menampung uang elektronik sampai Rp 2 juta. PT Piaggio Indonesia melalui Public Relation and Communication Specialist PT Piaggio Indonesia, Robby Gozal, menyambut baik hal itu.

"Sebenarnya kan nggak banyak berubah tapi SIM yang baru itu akan lebih banyak manfaatnya dengan bertambahnya e-money. Tapi secara keseluruhan ya memang itu adalah izin untuk mengemudi. Pastinya kita selalu menyarankan untuk pengguna roda dua khususnya Vespa punya SIM dulu," kata Robby usai peluncuran Vespa LX di Kemang, Selasa (27/8/2019).

Smart SIMSmart SIM Foto: Isal Mawardi/detikcom




Robby secara pribadi menyambut baik penggunaan Smart SIM. Apalagi, SIM baru itu memiliki desain baru yang lebih segar.

"Untuk saya pribadi sih SIM kita yang sekarang sudah lama banget ya, untuk refreshment sih oke banget sih. Lumayan bawa SIM sekalian e-money, nggak bawa dia kartu," ujarnya.

Contoh Smart SIMContoh Smart SIM Foto: dok. Istimewa


Soal Smart SIM, Korlantas Polri akan meluncurkannya bulan depan. Meski lebih canggih tarif pembuatannya tetap sama. Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri mengatakan tidak ada perbedaan biaya untuk membuat atau memperpanjang Smart SIM.



Meski biaya pembuatannya sama, Refdi mengatakan, penggunaan Smart SIM lebih banyak. Misalnya, menurut dia, Smart SIM bisa dipakai sebagai kartu elektronik untuk membayar denda tilang hingga membayar tol.

Simak Video "Smart SIM Resmi Diluncurkan, Jangan Coba-coba Langgar Lalu Lintas!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com