Jumat, 09 Agu 2019 09:56 WIB

Honda Pakai 2 Busi di Mesin CRF250 Rally Baru Demi Tekan Emisi

Luthfi Anshori - detikOto
Honda CRF 250 Rally. Foto: Grandyos Zafna Honda CRF 250 Rally. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Honda disebut-sebut sedang mengembangkan mesin baru untuk dua motor trail mereka, CRF250L dan CRF250 Rally. Salah satu aspek yang ditekankan pada mesin baru ini adalah 'pengurangan emisi'. Maka itu, Honda akan membuat mesin yang cocok dengan regulasi Euro5.

Foto: Rideapart


Seperti dilansir dari Rideapart, mesin ini kabarnya akan menggunakan teknologi dua busi (two spark). Salah satu busi, akan ditempatkan di bagian paling atas silinder. Namun untuk konfigurasi mesin, tetap pakai satu silinder.



Konsep mesin dengan busi lebih dari satu sebenarnya bukan hal baru, Mesin dua busi bahkan sudah pernah digunakan pada Ducati Multistrada. Ditinjau dari sisi manfaat, penggunaan dua busi tidak hanya bisa meningkatkan daya, tapi juga bisa meningkatkan efisiensi mesin, sekaligus menurunkan emisi gas buang.

Mengapa bisa seperti itu? Sebab, dua busi bisa menciptakan dua percikan atau ledakan api lebih besar daripada ledakan yang berasal pengabutan bahan bakar.


Foto: Rideapart
Paten mesin off-road Honda sendiri sudah bocor sejak awal bulan ini. Konsep mesin dengan dua busi ini menjadi respons atas semakin ketatnya peraturan emisi di Eropa, sehingga mau tidak mau produsen kendaraan harus menggunakan segala cara untuk mendesain mesin yang ramah lingkungan, dengan aplikasi-aplikasi teknologi baru.

Menarik ditunggu nih, detikers?

Simak Video "Honda Accord Generasi Baru, Fitur Keselamatan Disempurnakan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed