Kamis, 01 Agu 2019 18:28 WIB

Detik-detik Helm Rossi Palsu Pecah Saat Diuji

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Dok. ITV Foto: Dok. ITV
London - Helm merupakan perangkat keselamatan yang wajib dipakai setiap pemotor. Untuk melindungi kepala dengan baik, helm harus memiliki standar tertentu.

Sayangnya, ada beberapa helm palsu yang terdeteksi. Di Inggris, sedang ramai helm palsu yang kualitasnya jauh di bawah standar. Helm dengan merek yang sama seperti helm Valentino Rossi, AGV, palsu tersebut diuji di sebuah laboratorium pengujian helm. Tak cuma AGV, Arai juga ditemukan versi palsunya di sana.

ITV News telah menginvestigasi helm palsu di Inggris yang mudah sekali dibeli dari situs internet. Helm itu kemudian diuji di laboratorium dan terbukti tidak aman untuk digunakan.



Di laboratorium pengujian helm itu, helm palsu dijatuhkan dari atas. Helm itu dijatuhkan pada kecepatan 30 mil/jam (48 km/jam).

Hasilnya, helm AGV palsu berkelir biru itu pecah. Batoknya terbelah dua, kacanya terlepas dan beberapa bagian eksternal helm terlepas.



Selanjutnya, helm berlabel merek Arai tapi palsu diuji hal yang sama. Hasilnya tak jauh berbeda, helm Arai tersebut pecah batoknya.

"Untuk seseorang yang memakai helm itu, potensi setelah dampak pertama itu akan hancur dan mereka sama sekali tidak mendapat perlindungan di kepala mereka," kata Mark Mayo, Manajer Tim Pengujian Keamanan British Standards Institution.

Berikut video pengujiannya.

[Gambas:Youtube]



Simak Video "Mas Nadiem, Guru Ini Pakai Helm Takut Gedungnya Ambruk"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com