Kamis, 01 Agu 2019 08:50 WIB

Merek Italia Kesulitan Gerak di Antara Motor-motor Jepang

Luthfi Anshori - detikOto
Skutik Jepang Honda ADV 150. Foto: Luthfi Anshori Skutik Jepang Honda ADV 150. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Sudah jadi pengetahuan umum jika produsen motor asal Jepang, masih mendominasi market roda dua di Tanah Air. Dua pemain besar, Honda dan Yamaha punya banyak pilihan model yang mengisi setiap segmennya.

Di segmen skutik Yamaha terkenal dengan jajaran Maxi Series meliputi Aerox 155, Nmax, Lexi, dan Xmax. Honda juga tidak mau kalah, dengan mengandalkan Forza 250, Vario Series, PCX, dan skuter terbaru mereka bertipikal penjelajah, ADV 150.


Khusus untuk ADV 150, model ini sudah diperkenalkan di GIIAS 2019, beberapa waktu lalu dan terpesan hampir 2.000 unit. Sejak meluncur, ADV 150 memang cukup menyita perhatian konsumen Tanah Air lewat desain gagah yang ditampilkan. Tapi di sisi lain, peluncuran ADV 150 dipandang terlalu agresif.

Pendapat tersebut diutarakan Direktur Benelli Motor Indonesia, Steven Kentjana Putra, saat sesi Test Ride Benelli di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Rabu (31/7/2019).

"Memang nggak dipungkiri, Jepang ini terlalu agresif. ADV udah keluar, Genio juga udah keluar. Ntar habis ini, Yamaha juga keluar (model barunya). Kita makanya susah," ujar Steven.

Steven sendiri mengatakan tidak ingin berhadapan langsung dengan pabrikan Jepang. Sebagai brand Italia yang kini dimiliki China, Steven mengatakan bakal mengisi ceruk pasar yang persaingannya tidak terlalu ketat.

"Kami tetap consider (pertimbangkan) untuk tetap eksis, apalagi dengan brand (Benelli) yang mulai dikenal, kami bisa mix matik jalan dengan harga yang kompetitif. Kami nggak mau main matik yang besar - besar," jelas Steven.

Benelli sendiri, menurut Steven, sedang menyiapkan satu model skutik baru untuk diperkenalkan dan dijual di pasar Tanah Air.


Dikatakan Steven, calon matic 150 Benelli ini akan punya bentuk berbeda dengan skutik 150 cc Jepang kebanyakan.

"Jadi DNA calon skutik Benelli ini, betul -betul DNA Italia, jadi nggak kayak copy paste Jepang," lanjut Steven sambil membisikkan bahwa matic 150 Benelli, akan memiliki desain klasik ala skuter Vespa atau Lambretta.

Simak Video "Adu Ganteng Mobil Modifikasi IAM di Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com