Sabtu, 22 Jun 2019 08:40 WIB

Cara Kurangi Emisi ala India, Larang Motor 150 cc ke Bawah

Ridwan Arifin - detikOto
Pengukur emisi kendaraan Foto: Ari Saputra Pengukur emisi kendaraan Foto: Ari Saputra
New Delhi - Pemerintah India berupaya mengurangi angka emisi dengan melarang penggunaan sepeda motor berkubikasi 150 cc ke bawah. Rencananya aturan ini mulai berlaku mulai 1 April 2025.

Menghadapi regulasi tersebut, Wakil Presiden Suzuki India Devasih Handa mengatakan pembangunan dasar untuk sepeda motor sedang dikerjakan untuk pasar India.

"Itu sedang dikembangkan. Proyek sedang aktif. Kami tidak bisa pastikan kapan kami akan memperkenalkannya di pasar India, karena apa yang diumumkan pemerintah sejauh ini adalah niatnya," ujar Handa dilansir dari Indianexpress, Sabtu (22/6/2019).



Lebih lanjut, Devasih masih menanti regulasi yang dibuat pemerintah. Memang diketahui Menteri Transportasi India tengah mendorong elektrifikasi kendaraan roda dua dan roda tiga pada tahun 2023 - 2025.

Soal produk, berbeda dengan pesaingnya, Honda mengaku tidak akan membutuhkan spesifikasi khusus untuk pasar India. PCX Electrix untuk dipasarkan di sana.

Seperti yang diketahui motor ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2017 di negara asalnya Jepang, kemudian India tahun 2018, dan Indonesia pada tahun 2019 yang hanya menyasar kalangan tertentu.

"R&D kami di Jepang telah mengembangkan banyak EV (electric vehicle) tapi bukan spesifik untuk India, tetapi global," kata Kato seperti dicuplik Economic Times. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com