Kamis, 20 Jun 2019 17:10 WIB

Intip Produksi Helm yang Dipakai Paspampres Jokowi dan Ariel Noah

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Dok. Nolan Foto: Dok. Nolan
Jakarta - Produsen helm asal Italia, Nolan Group, telah melahirkan berbagai macam helm terkemuka di dunia. Helm Nolan banyak dipakai di berbagai kalangan. Mulai dari selebriti, pembalap ternama, bahkan hingga Paspampres RI.

Helm flip-up Nolan dipakai Jokowi. Helm flip-up Nolan dipakai Jokowi. Foto: screenshot


Nolan Group mendesain dan memproduksi helm berkelas dunia. Ada berbagai macam jenis helm yang dilahirkan Nolan, ada model flip-up seperti yang dipakai Jokowi saat pembukaan Asian Games tahun lalu ketika dia menunggangi moge dan pakai helm paspampres, helm jenis fullface, off-road, open face hingga helm crossover seperti yang dipakai Ariel Noah.



Mengutip siaran pers yang dirilis PT Prakarsa Abadi Sentosa sebagai distributor eksklusif Nolan yang berbasis di Jakarta, Nolan adalah satu-satunya helm asal Italia yang masih diproduksi dan dirakit di negara itu. Pabriknya ada di Brembate di Sopra, Italia, kota kelahiran brand Ducati.

Intip Produksi Helm yang Dipakai Paspampres Jokowi dan Ariel NoahFoto: Dok. Nolan


Secara global, helm ini sudah mengusung standar ECE. Di Indonesia, helm Nolan juga sudah berstatus SNI tanpa mengurangi spesifikasi yang dibuat di Italia.

Intip Produksi Helm yang Dipakai Paspampres Jokowi dan Ariel NoahFoto: Dok. Nolan


Bagaimana produksi helm Nolan di pabriknya? Pertama, EPS atau Expanded Polystyrene, dari biji dikembangkan dan diinjeksi menjadi bentuk yang sesuai desain. Komponen EPS ini fungsinya untuk menyerap dampak pada saat terjadi benturan di helm.



Visor dan sun visor diproduksi dengan bahan Polycarbonate. Komponen itu dibuat dengan pemanasan hingga 300°C dan 350 ton tekanan injeksi. Pabrik Nolan bisa menghasilkan ribuan visor setiap harinya.

Intip Produksi Helm yang Dipakai Paspampres Jokowi dan Ariel NoahFoto: Dok. Nolan


Batok helm terbuat dari bahan biji Polycarbonate Lexan. Pabrik Nolan di Italia bisa menghasilkan 1.700 unit helm setiap hari dengan berbagai desain dan bentuk.

Di pabrik tersebut, terdapat molding atau cetakan batok helm, visor dan komponen-komponen helm yang dikerjakan dengan dibantu robot dan tenaga andal. Produksi helm Nolan dikerjakan selama 24 jam dalam 6 hari.



"Mesin robot penghalus dalam 24 jam dapat menghasilkan 1.000 unit helm yang siap dicat," kata International Sales Manager Nolan Group, Luca Farina.

Setelah helm terbentuk, kemudian masuk ke proses decal atau pemberian grafis pada batok helm. Proses decal ini memakan waktu dan perlu ketelitian ekstra. Di Italia, proses decal helm Nolan dikerjakan oleh tim wanita.

Intip Produksi Helm yang Dipakai Paspampres Jokowi dan Ariel NoahFoto: Dok. Nolan


"Setiap tiga bulan, stok decal selalu diperbaharui oleh Nolan untuk menjaga kualitas dari Decal juga," tutur Luca Farina.

Sementara logo Nolan yang tercetak di helm ternyata merupakan hasil printing mesin, bukan dari Decal. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com