Senin, 13 Mei 2019 10:27 WIB

Pesawat Bermesin Moge BMW S1000RR Ditaksir Rp 2,8 M

Luthfi Anshori - detikOto
Pesawat yang Digerakkan Mesin Moge. Foto: Istimewa Pesawat yang Digerakkan Mesin Moge. Foto: Istimewa
Praha - Swap engine atau menukar mesin antara kendaraan roda dua barangkali sudah menjadi hal umum di dunia modifikasi motor. Tapi bagaimana jika mesin motor yang dipasang ke pesawat? Meski terlihat tidak masuk akal, hal tersebut ternyata bisa dilakukan oleh para mahasiswa teknik mesin Universitas Ceko, Praha, dan tim Skyleader Airplane.

Setelah menjalani riset hampir 17 tahun, akhirnya mereka mencangkok sebuah mesin motor ke badan pesawat. Mesin motor yang digunakan adalah milik BMW S1000RR. Mesin tersebut dipasang ke pesawat UL-39 Albi yang punya basis dari Aero L-39 Albatros, sebuah model pesawat jet yang eksis di medio 1990-an.



UL-39 Albi sendiri dibuat dari serat karbon dengan konstruksi sasis monokok, sehingga bobotnya hanya 322 kg. Pesawat jet super ringan ini dirancang atas bantuan dari perusahaan pesawat LA Composite dan Jihlavan Airlines. Pesawat ini bisa memuat dua awak, dan tampaknya sangat cocok jika menjadi pesawat latihan untuk siswa sekolah penerbangan.



Bicara dapur pacu, mesin BMW S1000RR yang digendong UL-39 Albi punya spesifikasi 999cc, dengan tenaga maksimum diklaim mencapai 193 dk. Mesin ini bisa membantu UL-39 Albi terbang dengan kecepatan maksimal 340 km/jam, dengan jangkauan penerbangan 2,5 jam atau jarak tempuh 547 km. Untuk daya tampung bahan bakarnya, sanggup membawa 100 liter.

Meski pesawat ini sukses melakoni uji terbang pertamanya bersama pilot Radim Sterba, UL-39 Albi belum bisa dijual massal karena belum mengantungi lisensi. Sekadar informasi, jika nantinya pesawat ini dijual, harganya diperkirakan tak kurang dari 180.000 Euro atau Rp 2,8 miliar. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com