Minggu, 12 Mei 2019 04:04 WIB

Biker Melacak Motor Curian dan Mengembalikannya Pada Pemilik

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Motorcyclenews Foto: Motorcyclenews
London - Tidak ada yang senang ketika sepeda motor kesayangan harus pindah tangan secara paksa oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sebuah kelompok sukarelawan anti pencurian motor, Biker Biker melakukan sebuah patroli mencari motor curian dan dikembalikan pada pemilik sahnya secara gratis.

Komunitas ini bekerja sama dengan Knight Recovery yang berbasis di Inggris. Di negara tersebut Jika motor anda dicuri dan ditemukan oleh polisi untuk dikembalikan pada pemiliknya mereka mengenakan biaya sebesar £150 ditambah £10 per hari penyimpanan atau sekitar Rp 2,7 juta dan per harinya Rp 186 ribu.




"Melakukan pengembalian motor curian secara gratis ini sangat penting bagi kami. Kami adalah pengendara motor dan hanya ingin melihat orang bersatu kembali dengan kebanggaan dan kegembiraan mereka," kata pendiri Biker Biker, Shane kepada MCN.

MCN sendiri sempat ikut dalam kegiatan ini dan berhasil menangkap pencuri motor beserta hasil curiannya. Kegiatan sukarela itu kini dilakukan satu kali dalam dua minggu. Biaya operasional dari kegiatan ini dikumpulkan dari hasil penggalangan dana di acara-acara komunitas motor.




Selain melakukan kegiatan sukarela ini, Biker Biker juga memberikan tips kepada sesama pengendara motor untuk mencegah serangkaian aksi pencurian motor. "Polisi sangat mendukung apa yang kami lakukan. Ada beberapa orang di luar sana sekarang menyiapkan hal-hal serupa tetapi mereka tidak melakukannya dengan benar. Hal terbaik yang bisa dilakukan orang-orang ini adalah keluar bersama kami untuk meningkatkan dukungan kami," tambah Shane.

Salah satu hasil pengembalian motor mereka yang terbaru adalah motor Ducati Multistrada 1000 dengan cat khusus yang dicuri tahun lalu. Setelah menemukan motor itu, Biker Biker mengambilnya dan dengan bantuan Polisi mengembalikannya pada pemilik.



Tonton juga video Polisi Tembak Residivis Curanmor di Palembang:

[Gambas:Video 20detik]

(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com