Rabu, 17 Apr 2019 20:45 WIB

Kawasaki Pamer Paten Skema Swap Baterai Ninja 400

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Pool Foto: Pool
Jakarta - Salah satu produsen roda dua asal Jepang, Kawasaki, tengah berupaya untuk membuat motor-motor ikoniknya berbekal baterai. Sebagai pembuktian upayanya, geng hijau tersebut baru-baru ini mematenkan suatu teknologi swapping baterai untuk motor fairing dan sport.

Memang, saat ini Kawasaki belum mengabarkan secara resmi sedang menggarap kendaraan listrik. Namun dengan gambar paten tersebut, cukup jelas bahwa Kawasaki sedang mempertimbangkan paling tidak satu model untuk motor listrik yang diduga berbasis Ninja.

Seperti dikutip drivespark, memang evolusi dalam kendaraan angkut termasuk sepeda motor tak bisa dihindari (kendaraan listrik). Oleh sebab itu sudah sewajarnya bahwa Kawasaki bersiap-siap untuk hari tersebut tiba.

Paten Baterai Listrik Kawasaki,Paten Baterai Listrik Kawasaki, Foto: Rideapart

Masalah terbesar pada kendaraan listrik adalah ketergantungan pada infrastruktur pengisian daya dan jarak tempuh kendaraan. Bahkan walau infrastruktur pengisian telah cukup banyak, tetap saja memerlukan waktu untuk mengisi baterai kendaraan sampai lima jam. Karenanya, teknologi pertukaran baterai untuk motor sangat efektif dan masuk akal guna mengatasi masalah itu.

Dalam gambar paten yang disebarkan, tampak jelas bagaimana seluruh baterai motor Kawasaki dapat dilepas dan dipasang kembali. Seluruh rangka telah dirancang ulang sedemikian rupa agar dapat dibuka di satu sisi.

Seluruh bagian di sisi kiri tubular frame dapat dipindahkan, sehingga unit baterai dapat keluar. Paten itu juga mengungkapkan charger on-board yang memungkinkan pengguna untuk mengisi baterai saat masih di sepeda motor.

Baterai itu sendiri akan bersistem air-cooled atau berpendingin udara, namun transmisinya oil-cooled. Dengan itu, dipercayai bahwa baterai akan efisien dalam penggunaannya.

Kawasaki Ninja 400Kawasaki Ninja 400, Foto: Pool


Terlepas dari perkembangan sistem baterai pada motor Kawasaki, yang buat menarik adalah teknologi tersebut didaftarkan pada model motor Kawasaki yang sudah ada. Ya, desain motor di sketsa paten itu jelas menunjukkan tubuh Kawasaki Ninja 400.

Hmm, nantinya akan seperti apa ya? Patut ditunggu! (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com