Sabtu, 16 Mar 2019 17:07 WIB

Ngeri, Kecelakaan Lalu Lintas Penyebab Kematian Nomor 3 di RI

Luthfi Anshori - detikOto
Touring Lintas Millenial  di Jakarta, Sabtu (16/3/2019) Foto: Luthfi Anshori Touring Lintas Millenial di Jakarta, Sabtu (16/3/2019) Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Dengan banyaknya jumlah kendaraan yang beredar di Indonesia, tidak dipungkiri jika kecelakaan lalu lintas jadi salah satu faktor penyebab terbesar orang meninggal dunia.

Dijelaskan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab kematian nomor tiga di Indonesia.

"Berdasarkan data WHO, kecelakaan lalu lintas menjadi penyebab nomor 3 korban meninggal dunia di Indonesia," kata Gatot, pada acara Touring Lintas Millenial 2019, yang digelar di kawasan Parkir Timur, GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (16/3/2019).



Lebih rinci lagi, Gatot mengatakan jika sebagian besar korban kecelakaan lalu lintas berasal dari golongan milenial. Yakni kelompok umur dengan rentang usia 17-34 tahun.

"Jika dilihat, dari semua kecelakaan yang terjadi, 25 ribu sampai 30 ribu orang, yang terbanyak dari kalangan milenial. Hampir 58 sekian persen dari kalangan milenial. Bahkan banyak juga yang dari kalangan mahasiswa dan pelajar," lanjut Gatot.

Menurut Gatot, penyebab utama kecelakaan lalu lintas adalah pelanggaran lalu lintas. "Maka itu jangan sekali-kali melanggar. Apalagi kalau sampai melanggar rambu lalu lintas. Kalau sudah patuh pada peraturan, dan patuh pada rambu-rambu yang ada, maka itu bisa meminimalisasi kecelakaan lalu lintas," katanya lagi.



Melalui kegiatan kampanye Millenial Road Safety Festival yang dilakukan secara simultan, diharapkan bisa jadi media yang ampuh untuk menyosialisasikan keselamatan berkendara.

"Di acara Touring Lintas Millenial 2019, tentunya kami ingin mengampanyekan keselamatan berlalu lintas. Kedua kami ingin jadikan bikers itu duta-duta keselamatan berlalu lintas," pungkasnya. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed