Kamis, 20 Des 2018 13:30 WIB

Kenali Lagi Keunggulan Ban Tubeless untuk Motor

Luthfi Anshori - detikOto
Ban motor. Foto: Khairul Imam Ghozali Ban motor. Foto: Khairul Imam Ghozali
Jakarta - Sebagian besar motor keluaran terbaru di Indonesia saat ini sudah dibekali ban tubeless sebagai komponen standar bawaan pabrikan.

Berbeda dengan ban tube type yang punya lapisan ban dalam, ban tubeless tidak punya ban dalam. Bukan tanpa alasan pabrikan motor membekali konsumen dengan ban ini. Sebab faktanya ban tubeless punya banyak keunggulan dibanding ban tube type.

Menurut Technical Service & Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries, Jimmy Handoyo, ban tubeless punya konstruksi yang kuat.



"Ban tubeless punya konstruksi lebih kokoh dari ban (tube) biasa, sehingga ban jenis ini tidak perlu tambahan ban dalam karena memiliki inner liner," ucap Jimmy.

Karena konstruksinya kuat, maka ban tubeless tidak gampang kempis meski tertusuk paku atau benda tajam lain. "Asal saja paku atau benda tajam tersebut tidak dicabut," lanjut Jimmy.



Hal itu tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi bikers yang sedang berkendara motor dan bannya tertusuk benda tajam, namun jauh dari bengkel. Motor tetap bisa dikendarai sampai menemui bengkel terdekat.

Tidak hanya anti-kempis, ban tubeless juga tergolong mudah diperbaiki karena proses penambalan bisa dilakukan dari luar dinding ban. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com