Kamis, 13 Des 2018 20:19 WIB

Motor Listrik Bisa Terobos Banjir dan Hujan

Ridwan Arifin - detikOto
Viar Q1 Foto: Lamhot Aritonang Viar Q1 Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Motor listrik Viar di bawah naungan PT Triangle Motorindo sudah setahun memasarkan Viar Q1 di Indonesia. Bahkan kini penjualannya dalam satu bulan mencapai rata-rata 300 hingga 500 unit. Terlebih saat ini sudah muncul satu komunitas pengguna Q1 yang diberi nama Viar E-Motor Community (VEC).

Akan tetapi meski sudah menjaring konsumen yang terbilang banyak, nyatanya masih banyak orang Indonesia yang bertanya soal ketangguhan motor listrik Viar Q1 saat menghadang banjir dan hujan.



Hal tersebut diungkapkan oleh Corporate Manager Viar Motor Indonesia, Deden Gunawan saat acara serah terima 50 unit motor Viar Q1 untuk Pemprov DKI Jakarta, di Ragunan, Jakarta Selatan, Kamis (13/12/2018).

"Dan kita agak kesulitan untuk orang awam untuk mengarahkan yang tadinya pakai kendaraan konvensional engine beralih ke tenaga listrik, masih banyak pertanyaan," ungkap Deden kepada wartawan.

Menyasar segmen market yang sudah lekat dengan kendaraan bermesin konvensional tidak ditampik Deden menjadi sebuah tantangan dalam mengedukasi masyarakat.

"Jadi konsumen itu beda dengan jualan motor bensin, kalau di listrik ini nanya berulang-ulang, mereka nggak deal di situ, berulang-ulang, nanti kalo misalnya hujan bagaimana, banjir bagaimana," ungkap Deden.



"Tapi kalo dari pemerhati listrik itu mereka sudah paham dari segi teknis, jadi selagi motor bensin bisa lewati genangan air, ya kita juga bisa, kalo dia nggak bisa kita juga ngga bisa, jadi nggak ada yang perlu dikhawatirkan sebenarnya," tambahnya.

Lebih lanjut kata Deden, desain serta penggunaan suku cadang motor listrik Viar sudah diklaim aman, dan konsumen tidak perlu khawatir takut rusak selama masih diambang batas aman.

"Sebenernya gampangnya begini. Kalo motor bensin itu bisa lewat kita juga lewat. Gausah ngomongin ecu, karena kan posisi udah dipikirin. Ketinggian air maksimal sampai dek, motor bensin begitu juga kan," ungkap Deden.



Tonton video 'Buktinya Kalau Motor Listrik Bisa Dicetak dengan Printer 3D':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com