Senin, 03 Des 2018 18:31 WIB

Mampir ke Yamaha, Jokowi Teringat Naik Motor di Asian Games 2018

Ray Jordan - detikOto
Foto: INASGOC/Rosa Panggabean Foto: INASGOC/Rosa Panggabean
Jakarta - Otolovers, masih ingat aksi presiden Joko Widodo saat menunggangi motor gede (moge) di seremoni pembukaan Asian Games 2018? Kala itu Jokowi menunggangi motor yang biasa dipakai oleh Paspamres yakni Yamaha FZ1.

Rupanya hal itu juga cukup membekas di ingatan Jokowi. Saat berkunjung ke pabrik Yamaha di kawasan Pulogadung, Jokowi teringat akan dirinya yang sempat menunggangi motor berlambang garpu tala tersebut.


"Saat Asian Games saya naik Yamaha. Mereknya nggak hafal tapi saya tahu saya naik Yamaha," kata Jokowi di pabrik Yamaha Pulogadung. Yamaha FZ1 merupakan moge bergaya streetfighter.

Yamaha FZ1 menggendong mesin empat tak, empat silinder, DOHC lima katup per silinder. Kapasitas bulat mesin itu mencapai 998 cc.

Mesin gede dengan konfigurasi empat silinder menawarkan suara khas yang gahar. Dalam pembukaan Asian Games 2018 di GBK, moge yang ditunggangi Jokowi ini juga sempat digeber-geber dan mengeluarkan suara gahar.

Mesin 1.000 cc tersebut mampu menyemburkan tenaga sekitar 150 daya kuda pada 11.000 rpm. Torsi maksimalnya mencapai 106 Nm pada 8.000 rpm. Bahan bakar disuplai dengan sistem injeksi.

Yamaha FZ1 merupakan armada Paspampres yang biasa mengawal konvoi rombongan Presiden. Biasanya, Paspampres yang menunggangi moge streetfighter ini mengawal di belakang sisi kanan dan kiri mobil dinas presiden.

Paspampres yang menggunakan motor ini biasanya berboncengan. Satu mengendarai motor, satu lagi memegang senjata untuk melindungi presiden jika ada ancaman.


Sayangnya motor tersebut tak lagi dijual oleh Yamaha. Motor tersebut sudah tak lagi diproduksi sejak tahun 2015.

"Untuk saat ini Yamaha FZ1 tidak akan dipasarkan. Karena sudah discontinue," ucap Anton kepada detikOto Agustus lalu.

Yamaha FZ1 diproduksi Yamaha sejak 2001. Tapi, pada 2015 motor itu sudah disetop produksinya. Sebagai gantinya, Yamaha mengeluarkan motor naked bermesin 1.000 cc, yaitu Yamaha MT-10 atau di Amerika dijual dengan nama Yamaha FZ-10. Namun, Yamaha belum juga meluncurkan MT-10 di Indonesia. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed