Kamis, 29 Nov 2018 18:32 WIB

PKS: SIM Seumur Hidup, Kalau Sakit ya Nggak Nyetir Lah

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) berjanji jika memenangkan pemilu 2019 akan menghapuskan pajak motor dan memberlakukan SIM (Surat Izin Mengemudi) seumur hidup. Alasan untuk menjanjikan hal tersebut memang bukan tanpa alasan, meski hal ini dinilai sangat berat untuk terealisasi.



"Sebenarnya kalau SIM seumur hidup, saat masyarakat itu sudah merasa sakit, ya sudah mereka tidak akan berkendara," ujar juru bicara PKS Pipin Sopian, di acara Diskusi Publik Kontroversial Penghapusan Pajak Sepeda Motor dan Pemberlakuan SIM Seumur Hidup, di Jakarta.

"Dan ketika pendapatan meningkat, mereka pasti akan memilih kendaraan yang lebih nyaman (mobil-Red). Karena sepeda motor bukan lagi barang mewah," katanya.



Selain itu dirinya juga menilai, dengan dihapusnya pajak motor, tidak akan serta merta meningkatkan penjualan motor. "Penghapusan kendaraan bermotor itu tidak akan membuat penjualan motor meningkat. Tapi Down Payment (DP) nol persen, itu yang akan meningkatkan penjualan," tambahnya.

Sebelumnya baik pegiat keselamatan dan kepolisian mengaku kurang setuju dengan janji PKS memberlakukan SIM seumur hidup. Masalah SIM bukan hanya masalah skill berkendara tapi kompetensi yang bisa saja dalam beberapa waktu mengalami penurunan. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed