Sabtu, 10 Nov 2018 15:28 WIB

Posisi Riding Agak Nunduk Bikin Yamaha R25 Tambah Ngebut

Ridwan Arifin - detikOto
Yamaha R25 Foto: Grandyos Zafna Yamaha R25 Foto: Grandyos Zafna
Bogor - Generasi terbaru Yamaha R25 yang sudah diluncurkan pertama kali secara global di Jakarta Oktober lalu. Meski menggunakan mesin yang sama dengan tahun lalu, ada beberapa ubahan yang dilakukan Yamaha pada segmen motor sportnya ini, walhasil untuk sisi keseimbangan dan kecepatan top speed meningkat lebih baik.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia (YIMM), Minoru Morimoto saat acara Media Test Ride R25 dan Yamaha Freego di Sirkuit Sentul Internasional, Bogor.



"Yang paling pertama adalah penggunaan upside down, dan beratnya lebih ringan untuk bergerak lebih mudah, dan karena dimensinya besar suspensi lebih kokoh, dan merubah handling lebih baik, dan perubahan pada desain lebih aerodinamik, dan berdampak pada naiknya top speed lebih kencang 8 km," ungkap Presiden Direktur Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia (YIMM), Minoru Morimoto.

Lebih lanjut, secara teknis General Manager After Sales & Motor Sports PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin juga mengatakan demikian.



"Jadi kalau melihat R25 jangan hanya upside downnya saja, tapi dengan aplikasi USD (Upside Down) dan body baru, with balancenya itu tadi 49,3 sama 50.7, dulu tuh masih belum perfect betul, dengan perubahan tempat duduk kemudian juga suspensi upside down itu with balancenya jadi 50 : 50, kemudian tangkinya direndahkan 20 mm dan sedikit agak melebar," ungkap Abidin.

"Nah otomatis duduknya agak sedikit menunduk," ungkap lanjut Abidin.



"Perubahan suspensi membuat with balance seimbang, perubahan aerodinamik membuat kecepatan nya bertambah 8 km per jam," terang Abidin.

Di atas kertas, Yamaha R25 dibekali mesin 250 cc berpendingin cairan DOHC, 8 katup 2 silinder dengan percepatan sehingga mampu memuntahkan tenaga maksimum sebesar 36 PS di 12.000 rpm dan mencapai torsi maksimal 23,6 Nm/10.000 rpm.

Yamaha R25 tersedia dalam tiga pilihan warna yakni Racing Blue, Matte Red, dan Matte Black yang dibanderol seharga Rp 58.600.000 untuk versi biasa dan Rp 58.950.000 untuk tipe Movistar Livery. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed