Kamis, 01 Nov 2018 11:54 WIB

Yamaha Serang Honda dengan 6 Skutik 125 cc Non-Maxi

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Yamaha FreeGo. Foto: Agung Pambudhy Yamaha FreeGo. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Yamaha baru saja meluncurkan skuter matik (skutik) bermesin 125 cc, FreeGo. Dengan penambahan FreeGo, Yamaha sudah memiliki enam skutik berbeda dengan mesin 125 cc berpendingin udara.

Sebelumnya Yamaha sudah punya Mio (termasuk Mio M3 dan Mio S), Mio Z, X-Ride, Soul GT, dan Yamaha Fino. Kini, jajaran skutik 125 cc Yamaha ditambahkan FreeGo. Jadi totalnya ada enam skutik 125 cc milik Yamaha.

Padahal, kalau dilihat kompetitornya, Honda hanya punya satu model skutik 125 cc. Skutik Honda 125 cc cuma Vario 125. Pabrikan Jepang lainnya pun tidak ada lagi yang menjajakan skutik 125 cc. Jadi bisa dibilang di kelas 125 cc, enam skutik 125 Yamaha melawan satu skutik 125 cc Honda.



Apa alasan Yamaha memasarkan banyak skutik 125 cc? Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Antonius Widiantoro menjawab pihaknya ingin memperbanyak product line up.

"Nah FreeGo ini disasar untuk mereka yang sebenarnya ingin naik ke premium tapi consider dengan dana. Jadi kalau mau ke Lexi kan Maxi paling bawah dengan harga Rp 20 juta. Kalau di FreeGo ini top-nya matik non-maxi," kata Anton.



Anton menilai kelas skutik 125 cc ini secara volume paling besar. Yamaha, kata dia, berusaha menciptakan product line up yang dibutuhkan konsumen.

"Artinya kalau (penjualan) sebelah (Honda) lebih banyak, kita men-challange untuk bisa merebut hati konsumen. Makanya product line up kita sediakan seperti yang ada saat ini di mana FreeGo menjadi yang top," ucap Anton.

"Jadi saya bilang, sasaran target konsumen siapa, tadi saya bilang yang mau naik kelas tapi consider ke budget, kemudian yang kedua mereka yang memang baru masuk entry level tapi menginginkan top 125 non-maxi," sambungnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com