Jumat, 21 Sep 2018 14:46 WIB

Di Bengkel Ini, Moge Polisi Diservis

Ridwan Arifin - detikOto
Bengkel servis moge polisi (Foto: Ridwan Arifin) Bengkel servis moge polisi (Foto: Ridwan Arifin)
Depok -

[Gambas:Video 20detik]



Ada yang spesial dari bengkel umum AMS di Jl. Siliwangi No 50, Pancoran Mas, Depok. Bengkel ini tidak hanya menerima servis motor pada umumnya saja. Ternyata bengkel tersebut juga sudah menjadi langganan motor gede (moge) kedinasan polisi atau motor patroli pengawal, khususnya Polresta Depok dan Polda Metro Jaya.

"Kalau bengkel ini terima semua jenis motor, mau motor gede atau motor kecil kayak skutik selama masih bisa dikerjain, diterima aja," ungkap Ade, pemilik bengkel yang sudah mulai menangani moge polisi patwal sejak tahun 1995.

Ade dan moge yang sedang diservisnyaAde dan moge yang sedang diservisnya Foto: Ridwan Arifin


Saat ditemui detikOto, Ade sedang membuka katalog mesin Yamaha XJ900P. Pasalnya ada salah satu moge dinas milik Polresta Depok terlihat sedang penanganan servis besar.



"Ini motor XJ900P tahun 2003 lagi ada masalah di aternator sama gigi duanya," ungkap pria ramah ini yang pernah menjadi mekanik Suzuki Indomobil sejak tahun 1993 hingga 2000.

Untuk servis besar Yamaha P900 tersebut Ade menuturkan perlu mengeluarkan biaya Rp 10 juta untuk jasa dan sparepart.

Lebih lanjut, Ia mengungkapkan mulai berkecimpung di dunia servis moge kedinasan karena memiliki hobi di otomotif dan banyak rekanan di kepolisian.
"Sebelumnya hanya hobi perawatan moge tapi saya punya banyak teman polisi, akhirnya ada yang coba servis lama-lama alhamdulillah makin banyak pelanggan," tutur Ade yang juga penghobi motor trail.



Salah satu yang terus dijaganya adalah merawat kepercayaan konsumen. "Meski hanya perawatan biasa, saya nggak akan lari dari tanggung jawab, karena saya ingin dipercaya sama orang, Alhamdulillah sampai saat ini belum pernah ada komplain yang macam-macam," kata Ade kepada Detikoto.

Cerita dari mulut ke mulut itu pun rasanya jadi media pengiklan paling berpengaruh dari bengkel AMS ini, setidaknya sudah ada beberapa moge kepolisian yang menjadi pelanggan tetapnya. "Depok aja ada 10 servis rutin tiap bulan, dari Polda Metro Jaya saya hitungin ada 18 orang dateng ke sini," tutur Ade.

Untuk biaya servis rutin berkala seperti XJ900P, bengkel AMS ini membanderol harga Rp 250 ribu, bila ada part yang diganti seperti filter dan oli, perlu dana tambahan sekitar Rp 350 ribu.

Selain Yamaha XJ900P, Ade juga pernah menangani moge merk lain, seperti Honda Goldwing, Kawasaki ZX1000, Suzuki GSX 500, Suzuki GSX 750, sampai Harley-Davidson.

"XJ900P sering ditangani, sempat juga Honda Gold Wing 2 punya pengawal Prabowo, kalau Suzuki itu seingat saya ZX1000, GSX 500, 700, ya semacam Harley juga pernah masuk ke sini mas," ungkapnya.

Infografis Patroli Pengawal

Ini Cara Patwal Redam Anak yang Ngambek Saat Ditinggal Tugas (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed