Rabu, 19 Sep 2018 13:07 WIB

Bukan Variasi, Selang di Atas Tangki Trail Juga Punya Fungsi

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi Motor Trail Foto: Rois Jajeli Ilustrasi Motor Trail Foto: Rois Jajeli
Jakarta - Kalau Otolovers memperhatikan pada bagian tangki motor trail, pasti ada semacam selang yang nyembul keluar di atasnya. Ternyata selang itu bukan variasi semata, tetapi punya fungsi yang penting untuk proses pembakaran bensin.



Hal itu dikatakan Tony BP selaku pemilik bengkel Indrajaya Motor spesialis motor trail dan super moto yang bermarkas di Jl. Raya Bogor Km 34, Cimanggis, Depok.

"Itu selang pernafasan bensin, agar bensin turunnya lancar ke karburator nggak ada hambatan," kata Tony kepada Detikoto.

Ia menjelaskan biasanya kalau motor trail bawaan pabrik sudah ada lubang kecil pada tutup tangki. Fungsinya sebagai ventilasi untuk mendorong bahan bakar menuju karburator.



Senada dengan hal itu, Ade selaku penghobi motor garuk tanah yang memiliki bengkel di Jl. Siliwangi, Depok, Jawa Barat lebih lanjut menjelaskan apabila motor trail suka brebet , kemungkinan besar masalahnya dari lubang tutup tangki yang kotor.

"Ibaratnya kan itu ventilasi udara buat bensin, kalau kotor pasti terhambat (proses laju pembakaran), karena nggak ada hawa, bisa bikin brebet motor, bahkan mogok meski bensinnya full," ucap Ade saat berbincang dengan Detikoto di bengkelnya.

Oleh karena itu Otolovers perlu menjaga kebersihan tutup tangki motor ya. Caranya bisa mencopot lebih dulu tutup tangki lalu ditiupkan atau semprot pakai angin dari kompresor. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed