Senin, 20 Agu 2018 16:17 WIB

Lebih Mudah Naik Moge Paspampres Jokowi atau Moge Dishub Anies?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jokowi digambarkan naik moge Paspampres ke pembukaan Asian Games. Foto: INASGOC/Rosa Panggabean Jokowi digambarkan naik moge Paspampres ke pembukaan Asian Games. Foto: INASGOC/Rosa Panggabean
Jakarta - Pejabat negara akhir-akhir ini menunjukkan kesukaannya terhadap sepeda motor. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjukkan hobinya dengan membeli motor kustom bergaya chopper dan kemarin saat pembukaan Asian Games 2018 Jokowi digambarkan naik motor gede (moge) Paspampres, Yamaha FZ1.

Tak cuma Jokowi, beberapa waktu lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga mencoba naik moge Dishub DKI Jakarta. Anies mencoba moge BMW K 1600 GTL Exclusive di Monas. Namun, saat mencoba moge BMW itu, Anies menjatuhkan motornya.

Jokowi Naik Moge Asian Games 2018. Jokowi Naik Moge Asian Games 2018. Foto: dok. Xinhua News


Banyak warganet yang membanding-bandingkan gaya naik moge Anies dan Jokowi. Memangnya lebih gampang naik moge Yamaha FZ1 yang dipakai Jokowi atau moge BMW K 1600 GTL Exclusive yang ditunggangi Anies?

"Kalau soal lebih gampang dari sisi desain yang dipakai Pak Jokowi lebih mudah karena desain telanjang (naked bike) dibanding yang semi-fairing yang dipakai Pak Anies," ujar Instruktur safety riding Rifat Drive Labs (RDL), Andry Berlianto, kepada detikOto Senin (20/8/2018).

Anies jatuh naik moge Dishub. Anies jatuh naik moge Dishub. Foto: Fida /detikcom


Selain itu, kata Andry, bobot motor juga mempengaruhi kontrol ridernya. Di atas kertas, moge BMW K 1600 GTL Exclusive yang ditunggangi Anies lebih berat dibandingkan motor Yamaha FZ1 yang dipakai Jokowi. Menurut spesifikasinya, BMW K 1600 GTL Exclusive punya Dishub DKI yang dipakai Anies beberapa waktu lalu memiliki bobot 360 kg. Sementara Yamaha FZ1 yang dipakai Jokowi dan stunt-man beratnya tak lebih dari 230 kg.

"Tapi itu lebih ke tingkat percaya diri si pengemudi sebenarnya kalau soal urusan naik moge," kata Andry.

Anies naik BMW K1600. Anies naik BMW K1600. Foto: Fotografer: Muhammad Fida Ul Haq


Asalkan pengemudi moge tersebut memang punya pengalaman dalam menangani berbagai macam jenis motor. Karena menunggangi moge tak semudah mengendarai motor kecil. Kontrolnya sangat berbeda dengan mengendarai motor kecil.

"Walaupun secara operasi ya nggak berbeda yaitu menggunakan motor manual," katanya.


Tonton juga video saat Anies Ngegas Moge Punya Dishub DKI dan terjatuh

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed