Senin, 20 Agu 2018 14:03 WIB

Beruntungnya Jokowi, Jadi Presiden Tapi Masih Bisa Naik Motor

Dina Rayanti - detikOto
Jokowi naik motor. Foto: Ray Jordan/detikcom Jokowi naik motor. Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Sepeda motor disebut-sebut bukan merupakan salah satu kendaraan yang aman. Apalagi buat seorang presiden atau pemimpin negara.

Biasanya para presiden mendapat pengawalan ketat sehingga menyetir atau mengendarai kendaraan sendiri tidak diperbolehkan demi keamanan para pemimpin negara.


Presiden Joko Widodo salah satu pemimpin negara yang beruntung masih bisa mengendarai motor di sela-sela kunjungan kerjanya. Terakhir Jokowi terlihat mengendarai motor sendiri saat berkunjung ke Papua. Kala itu ia mengendarai motor listrik sembari memboncengi sang istri Iriana.

Pemimpin negara lain justru mengaku kesulitan untuk bisa berkendara sendiri. Seperti diakui Rodrigo Duterte yang saat ini menjabat sebagai presiden Filipina.

Jokowi saat naik motor di Asmat.Jokowi saat naik motor di Asmat. Foto: Dok. Biro Pers Setpres

Duterte yang saat masih mengemban tugas sebagai walikota Davao City setidaknya menyempatkan diri untuk mengendarai motor setiap minggunya. Namun hal itu justru berubah saat ia dilantik menjadi presiden.


Pengawalan ketat membuat Duterte sulit bergerak, apalagi saat naik motor. Itu membuatnya tidak bisa menikmati saat berkendara motor seperti halnya masih menjadi walikota.

"Saya kehilangan hasrat naik motor karena saat saya keluar para pasukan pengawal mengikuti," pungkas Duterte dikutip Reuters tahun 2016 lalu. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com