Rabu, 11 Jul 2018 13:29 WIB

Tak Mau Salah Langkah, Suzuki Tahan Kelahiran Pesaing PCX dan Nmax

Ruly Kurniawan - detikOto
Suzuki Burgman Street Foto: dok. SuzukiMotorcycleindia Suzuki Burgman Street Foto: dok. SuzukiMotorcycleindia
Jakarta - Dibanding dua pesaingnya dari Jepang, Suzuki dinilai banyak kalangan telat membawa motor yang lagi hot ke pasaran. Lihat saja di kelas skutik 150 cc, saat Honda dan Yamaha asyik masyuk dengan PCX dan Nmax, Suzuki belum masuk di kelas ini.

Bahkan berdasarkan data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) periode Januari-Juni 2018 kedua motor tersebut secara total sudah laku 272.273 unit. Namun hal tersebut justru membuat Suzuki enggan untuk langsung memperkenalkan motor di kelas yang sama.

Di India Suzuki sudah merilis motor skutik Burgman Street. Motor tersebut disebut akan diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 nanti. Ketika dimintai konfirmasi soal kabar peluncurannya, pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) nampak masih ragu.

"Sudah ada (persiapan membawa Burgman ke Indonesia). Kalau dilihat market premium itu seksi sekarang. Jumlahnya bertumbuh. Tetapi apa sekarang saat yang tepat untuk masuk? Karena hitungannya tidak hanya itu saja. Kita lihat sisi kalau lawannya lagi kuat, terlalu kuat, sehinga kita tidak punya competitive advantage ya kita cukup berdarah-darah nanti," papar Manager Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Banggas Pardede di Tangerang Selatan.



"Kita invest besar tapi returnnya tidak terlalu. Jadi mending menunda sedikit daripada ambil resiko besar. Sekarang Suzuki sedang tidak memiliki kemewahan untuk berbuat kesalahan langkah," tambahnya.

Namun dengan penundaan sedikit tersebut kehadiran skutik premium dari Suzuki dinilai tidak terlambat. Maka, Banggas sangat optimis dengan langkah tersebut.



"Tidak, tidak terlambat kok (masuk pasarnya). Ya seperti waktu GSX saja, banyak yang bilang Suzuki itu telat. Tapi survive juga. Kita ada lah strategi jitunya," kata Banggas.

Dirinya juga mengatakan bahwa memperkenalkan sepeda motor baru paling tepat adalah di pameran otomotif. Namun tak disebutkan, apakah berarti debut awal Suzuki Burgman ada di GIIAS 2018 mendatang.

"Yang jelas, semua tempat yang ada keramaian itu lah di mana waktu yang tepat untuk produk baru. Saya hanya bisa jawab itu," tutup Banggas.

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed