ADVERTISEMENT

Ganti Oli Motor Gede Honda Goldwing Hampir Sama dengan Xpander

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Senin, 23 Apr 2018 07:43 WIB
Presiden Joko Widodo melihat moge Honda Gold Wing di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Foto: PT Astra Honda Motor
Tangerang - Baru-baru ini PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan motor gede mewah bergaya touring, yakni Honda Goldwing terbaru dengan dibanderol Rp 1 miliaran. Untuk pergantian oli berkalanya saja hampir sama seperti Mitsubishi Xpander.

Jika Mitsubishi Xpander perlu 5 liter oli, Honda Goldwing butuh 4,4 liter oli tiap pergantian berkalanya. Itu pun belum termasuk oli filter.



Hal tersebut disampaikan Teknisi Asta Big Bike, Widodo Tri L. Jumlah tersebut dirasa wajar mengingat Honda Goldwing punya total kapasitas oli hingga 5,6 liter.

"Oli standarnya dia (Honda Goldwing) kalau ganti oli itu 4,4 liter tanpa oil filter kalau dengan oil filter 4,6 liter, kalau kapasitas kosong 5,6 liter," ujarnya kepada detikOto, di Astra Bizz Center, BSD, Tangerang.

"4,4 L ganti berkala kalau tanpa oli filter ya kalau dengan oli filter 4,6 L beda nol koma sekian liter," tambah pria yang akrab disapa Dodo itu.

Sedangkan untuk oli gardannya, lebih lanjut Dodo menjelaskan, punya kapasitas hingga 0,15 Liter. "Kalau oli gardan itu 0,15 L total kapasitas kalau pergantian berkala 0,14 L jadi 140 mili," lanjutnya.

AHM selaku agen pemegang merek motor Honda di Indonesia meluncurkan Honda Goldwing di ajang Indonesia Internatioanl Motor Show (IIMS) 2018, di JiExpo Kemayoran. Motor yang sempat dikatakan Presiden Joko Widodo cocok untuk Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres) itu dibanderol Rp 1.010.000.000.



Selain mengusung konsep The Honda Premium Tourer, Honda Goldwing terbaru yang masih didatangkan CBU dari Jepang ini memiliki fitur canggih dan bergengsi sepeti sistem throttle-by-wire (TBW) yang memiliki 4 mode riding (Tour, Sport, Econ, dan Rain), Honda Selectable Torque Control (HSTC), Hill Start Assist, dan sistem cruise-control yang dapat disetel untuk kenyamanan maksimal pengendaranya.

Pemilihan mode riding dapat dilakukan melalui tombol pilihannya terlihat di layar display sebesar 7 inchi yang mengagumkan. Kecerahan layar display dapat berubah otomatis sesuai kondisi cahaya atau pengendara dapat menyesuaikan dengan 8 tingkat kecerahan.

Dari segi dapur pacu, Honda Gold Wing hadir dengan mesin tangguh 1800cc berpendingin cairan 6 silinder yang dipasang secara horizontal berlawanan menjadi ciri khas elemen utama dari karakternya yang kaya.

Banyak hal telah dibuat lebih apik untuk membuat mesin ini lebih kompak, irit, serta ringan. Motor ini bisa menghasilkan power maksimum sebesar 123,6 hp pada 5.500 rpm dan torsi maksimum 170 Nm pada 4500 rpm. Model ini juga dilengkapi dengan transmisi canggih 7 percepatan Dual Clutch Transmission (DCT) generasi baru yang dilengkapi dengan forward/reverse Walking Mode.

Jaringan Honda Big Wing Astra Motor siap memasarkan Honda Gold Wing dengan 2 warna pilihan yakni Candy Ardent Red dan Pearl Glare White. (khi/rgr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT