Rabu, 18 Apr 2018 18:56 WIB

Jokowi Naik Motor Listrik, Produsen Motor Langsung Melirik Papua

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Presiden Jokowi mengendarai motor listrik di Papua. Foto: dok. Biro Pers Setpres Presiden Jokowi mengendarai motor listrik di Papua. Foto: dok. Biro Pers Setpres
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) lagi-lagi bikin heboh saat kunjungannya beberapa waktu lalu ke Agats, Kabupaten Asmat, Papua, dengan menunggangi motor listrik. Dan ternyata populasi pengguna motor listrik di sana cukup banyak.

Populasi motor listrik di Papua itu belum banyak diketahui oleh produsen motor di Indonesia. Salah satunya produsen motor Viar, yang mengatakan pihaknya langsung bergerak memantau pasar motor listrik di Papua.



"Sebelum (ada berita Jokowi naik motor listrik di Papua) ini kamu belum concern ke sana, jadi mendengar ini kami mulai bergerak ke sana juga," ujar Direktur Pemasaran PT Kencana Laju Mandiri Yucuanto Susetyo, kepada wartawan, di Jakarta.

"Sudah kita laksanakan kita juga sudah gerak juga," jelasnya.

Memang untuk saat ini Yucuanto mengaku untuk Viar sendiri belum menjajaki bagian ujung timur Indonesia. Namun karena tiba-tiba muncul Jokowi menunggangi motor listrik yang diklaim hanya dijual di Papua, potensi pasar motor listrik di Papua tidak diragukan lagi oleh Viar.



"Sampai saat ini Papua masih terbatas (Untuk Viar), tapi dengan adanya berita itu kami merasa Papua pasar yang potensial untuk motor listrik," tuturnya.


Dalam kunjungannya ke Asmat beberapa hari lalu, Jokowi menggunakan motor listrik WIM Motor Zero 8i. Motor dibekali penggerak listrik 48 volt 1.000 watt. Motor itu menggendong baterai 48 volt 20 Ampere hour.

Jokowi membonceng Ibu Negara Iriana di Asmat, PapuaJokowi membonceng Ibu Negara Iriana di Asmat, Papua Foto: dok. Biro Pers Setpres


Motor listrik tersebut bisa menjangkau jarak 50 sampai 80 kilometer dalam kondisi baterai penuh. Waktu pengisian baterainya sampai delapan jam

(khi/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed