Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 30 November 2017, 18:13 WIB

Curah Hujan Mulai Tinggi, Amankah Pakai Motor Listrik?

Ruly Kurniawan - detikOto
Curah Hujan Mulai Tinggi, Amankah Pakai Motor Listrik? Viar Q1. Foto: Mohammad Luthfi Andika
Jakarta - Banyak yang mengira bahwa sepeda motor listrik tidak cocok untuk hujan. Sebab, kendaraan seperti itu dianggap lebih berbahaya apabila terkena air apalagi menerobos hujan.

Menanggapi hal tersebut, Marketing Communication PT Triangle Motorindo (Viar), Franky Osmond mengatakan bahwa motor listrik khususnya pada rancangan perusahaannya, Viar Q1 sangat aman bila terkena air. Hanya saja memang masih ada batasan yang harus diperhatikan.



"Motor listrik kita (Viar Q1) itu aman kok bila dikendarai saat hujan atau menerobos kubangan air karena sudah menggunakan engine dari Bosch yang diklaim sudah sertifikasi EP 4. Dalam artian, sudah tidak masalah lagi bila terkena air ataupun debu, sudah tahan," ucapnya di Jakarta.

"Tapi memang tetap ada batasannya seperti menghindari hujan yang sangat deras dan melintas di jalanan banjir yang tinggi (air melebihi dek motor)," lanjut Franky.



Karena pada bagian dashboard motor atau dek, terdapat terminal baterai. Maka, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tetap menahan diri ya, Otolovers, untuk melibas genangan tinggi ketika menggunakan motor listrik.

"Tinggi maksimal untuk motor listrik melintasi banjir adalah dek. Jadi tidak boleh melebihi dek. Karena kita khawatir terminal baterainya saja yang ada di sana. Untuk engine-nya tidak masalah," ujar Franky.



"Kenapa kita bisa bilang seperti itu? Karena kita sudah coba dengan 4 motor sekaligus melewati genangan air yang cukup dalam yaitu hampir sampai dek. Dan itu emang aman kok. Lagipula sebenarnya kalau air sudah sebatas itu (sampai dek) udah cukup tinggi ya, 30 cm lebih. Motor biasa pun cukup bahaya," tutupnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +