Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 28 November 2017, 14:37 WIB

Viar Siap Beli Baterai Bekas Motor Listriknya setelah 3 Tahun

Ruly Kurniawan - detikOto
Viar Siap Beli Baterai Bekas Motor Listriknya setelah 3 Tahun Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Salah satu limbah kendaraan listrik yang cukup ruwet untuk didaur ulang adalah baterainya. Agar tidak menumpuk dan menjadi limbah, PT Triangle Motorindo (TM) sebagai perakit skutik listrik yang telah memiliki STNK, Viar Q1 akan membeli baterai yang sudah tak terpakai dari konsumennya.

"Mulai dari bulan Mei lalu, kami sudah memikirkan cara untuk berusaha gandeng PLN dan vendor lainnya untuk mengalokasikan baterai listrik bekas menjadi penerangan jalan dengan sistem solar panel. Jadi, bagi konsumen Viar Q1 yang sudah habis masa baterainya (3 tahun), akan kami beli sehingga tak jadi limbah," kata Marketing Communication PT Triangle Motorindo (Viar) di Jakarta.

"Jadi baterai yang tidak terpakai tidak langsung kita hancurkan, karena masih berguna sekali itu. Salah satunya ialah sebagai solar panel (lampu penerang jalan)," lanjutnya.

Lantas bagaimana kendaraan Viar Q1 yang sudah dilepas baterainya? Tenang saja Otolovers. Masih dalam kesempatan yang sama, Franky memaparkan bahwa penggunanya dapat membeli baterai baru secara terpisah bahkan mengkreditnya.

"Kita sudah bekerja sama dengan Adira, nah mereka membentuk suatu divisi namanya Divisi Durable. Jadi dimana konsumen ini begitu mereka sudah pakai Adira, mereka akan hubungi supplier untuk melakukan kredit baterai lagi. Karena kan baterai cukup mahal ya. Namun kalau mau beli cash langsung bisa kok," kata Franky.

Sebagai informasi, skuter listrik yang menggunakan Lithium-ion berkapasitas 60V 20Ah ini sudah terintegrasi dengan e-Motor Bosch yang memiliki keluaran daya sebesar 800 Watt. Dalam kondisi baterai terisi penuh (5-7 jam pengisian dayanya), Viar Q1 mampu menempuh jarak hingga 60 km.


Bagi pembeli pertama, pihak Viar juga memberikan garansi penggunaan skuter listriknya selama satu tahun. Dimana hal tersebut meliputi modul, kontrol, hingga baterai. (ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +