Senin, 31 Jul 2017 12:23 WIB

Di Amerika Banyak SIM Tidur, Ada SIM tapi Nggak Punya Motornya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi (Foto: Ari Saputra) Ilustrasi (Foto: Ari Saputra)
Milwaukee - Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan hal penting yang harus dimiliki semua pengendara. Di seluruh dunia pun diharuskan pengendara memiliki SIM saat mengendarai kendaraan bermotor di jalan raya.

Punya SIM, bukan berarti punya kendaraan juga. Setidaknya itu yang terjadi di Amerika Serikat (AS). Laman Ride Apart melansir sebuah studi yang menyatakan bahwa ada sekitar 8 juta orang AS yang punya SIM motor tapi tidak memiliki sepeda motor.

Pemotor yang disebut 'Sleeping License Holders' ini menarik perhatian pabrikan motor gede (moge) asal AS, Harley-Davidson. Banyak masyarakat AS yang lebih memikirkan kesehatan dan keselamatannya, atau memiliki anggaran terbatas sehingga tak punya dana untuk membeli dan merawat motor.

Generasi milenial di sana yang lebih banyak dari generasi sebelumnya, juga memiliki pengeluaran lebih banyak. Mereka dibebani biaya hidup yang lebih tinggi sehingga tak terpikat memiliki sepeda motor.

The Milwaukee Journal Sentinel menemukan, beberapa pemegang SIM, bahkan mereka yang sudah lulus kelas safety riding merasa terintimidasi saat menghadapi kenyataan lalu lintas. Mempertahankan fokus dan reaksi di antara banyak kendaraan bermotor di jalan raya menjadi tantangan bagi mereka.

Menurut laporan Cycle World, usia rata-rata pemotor di AS adalah 45 tahun. Sementara sebagian besar pembeli motor berusia di atas 50 tahun. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com