Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 14 September 2015, 13:12 WIB

Hebat, Siswa SMK Ubah Yamaha V-Ixion jadi Mobil 'Jeep'

Tya Eka Yulianti - detikOto
Hebat, Siswa SMK Ubah Yamaha V-Ixion jadi Mobil Jeep
Bandung - Sekelompok siswa SMK Angkasa Lanud Husein Sastranegara memamerkan mobil Jeep hasil buatan mereka yang dirancang dan dirakit selama 3 bulan. Mobil yang dinamai Sky Jeep V150 ini dibuat dengan menggunakan mesin motor Yamaha V-Ixion 150 cc.

Mereka yaitu Kiki Hadiansyah (17) dari Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), M Ramdhani (16) dari jur TKR, Ardi Indirwan (17) dari Jurusan TKR, Rizal M Ramadhan (16) dari Jurusan TKR, M yakin (15) dari Jurusan Teknik Mesin Industri dan Sri Setyo Hastomo (17) dari Jurusan TKR.

Bermula dari 3 bulan lalu, saat mereka mendapatkan mesin yang merupakan hadiah. Siswa-siswa kelas XI ini kemudian berdiskusi untuk membuat sebuah kendaraan dari mesin motor.

"Akhirnya kita putuskan untuk bikin mobil Jeep seperti ini. Karena kita kan ada di wilayah militer, jadi desainnya juga mirip mobil perang," ujar Kiki saat ditemui di lapangan SMK Angkasa Husein Sastranegara, Jalan Lettu Subagio Bandung, Senin (14/9/2015).

Selama 3 bulan, mereka mengerjakan mobil ini mulai dari perencanaan, desain hingga pembuatan body sendiri. Tak jarang mereka menemui kesulitan seperti saat membuat rangka untuk dudukan roda. Sama halnya dengan pembuatan prototipe lainnya, mereka pun harus berhadapan dengan trial dan error.

Sky Jeep V150 ini ini tampilannya mirip dengan Jeep Willys namun dalam ukurang yang lebih kecil. Hanya ada satu kursi panjang melintang di belakang kemudi yang dapat ditumpangi oleh 2 orang penumpang. Di bagian belakang kursi terdapat ruang kosong yang bisa digunakan sebagai bagasi.

Sistem kemudi sama dengan mobil pada umumnya, gas, rem kopling, serta tuas dua tuas untuk pengaturan gigi serta tuas untuk maju dan mundur. "Meskipun menggunakan mesin motor, tapi mobil Sky Jeep ini bisa bergerak mundur karena kami sudah menambahkan komponen dan memodifikasinya," tuturnya.

Kapasitas bahan bakar, Sky Jeep V150 ini menggunakan tangki 3,7 liter, bukan tangki 12 liter seperti yang digunakan oleh motor V-Ixion. Alasannya, supaya body tidak terlalu besar.

"Tapi kami belum menghitung berapa KM kemampuan mobil ini dengan bahan bakar full," kata Kiki.

Komponen mobil lainnya seperti lampu-lampu, spion dan lainnya juga terpasang lengkap. Mobil pun sudah dipamerkan dalam ajang Air Show yang dilaksanakan di Lanud Husein Sastranegara pada 10-13 September 2015.

"Di sana mobil ini dipakai keliling-keliling. Bahkan sampai dinaiki 10 orang anak-anak juga kuat," ungkapnya.

Para siswa ini mengaku bangga bisa membuat mobil jeep ini dan berharap mobil ini bisa digunakan oleh masyarakat luas. "Inginnya sih dipakai di tempat-tempat wisata," harap mereka.

(tya/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed