Jumat, 15 Agu 2014 16:30 WIB

Seberapa Irit BBM Yamaha Soul GT Dibawa Keluar Kota?

Aditya Maulana - detikOto
Bogor - Belum lama ini, detikOto diberi kesempatan oleh Yamaha Indonesia untuk mudik menggunakan sepeda motor. Yamaha Soul GT yang digunakan detikOto selama pulang kampung beberapa waktu yang lalu.

Nah, selama diperjalanan menuju kampung halaman, detikOto juga ingin tahu seberapa irit konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Yamaha Soul GT jika dibawa ke luar kota.

Sejak perjalanan dimulai dan BBM sudah diisi penuh menggunakan BBM Ron 92, angka jarak tempuh di odometer tercatat 5654,5 km. Setelah itu, perjalanan mudik atau pulang kampung pun dimulai.

Untuk mengetahui berapa konsumsi BBM Yamaha Soul GT, detikOto menggunakan metode full to empty. Jadi tangki BBM diisi penuh dan dihitung sampai motor benar-benar mati atau mesinnya tidak bisa dinyalakan lagi.

Selama perjalanan, kondisinya pun sangat beragam. Mulai dari jalanan lurus, berkelok-kelok, tanjakan hingga turunan. Ada juga jalan yang konturnya bagus hingga jalan yang berlubang-lubang dan tak jarang banyak ditemukan kondisi jalan yang macet.

Jika kondisi jalan stabil atau dalam artian tidak macet kecepatan yang detikOto minimal di 60 km/jam hingga 100 km/jam. Menyentuh angka 100 km/jam hanya sesekali tergantung dari kondisi jalanan.

Banyak juga stop and go karena beberapa ruas jalan ada yang macet. Seiring waktu berjalan, BBM pun terus menurun dari indikatornya.

Selama perjalanan mudik, detikOto hanya membawa 1 tas yang beratnya tidak lebih dari 5 kg dan berat badan pengendara detikOto itu sendiri hanya 65 kg dengan tinggi kurang lebih 176 cm.

Setelah menempuh beberapa jam perjalanan indikator BBM semakin menurun hingga sebelum benar-benar kosong dan mesin tidak bisa menyala ada gejala sedikit tersendat-sendat.

Karena detikOto tidak ingin pas mogok jauh dari pom bensin (SPBU) maka ketika gejala tersendat-sendat itu terjadi, detikOto inisiatif untuk membeli bensin menggunakan botol, jadi ketika mogok ditempat yang jauh dengan SPBU bisa menggunakan BBM yang ada di botol untuk sementara sampai menemukan SPBU.

Tak lama dari itu, mesin motor mulai mati untuk pertama kalinya. Ketika detikOto coba menyalakannya lagi ternyata masih bisa menyala dan kembali melanjutkan perjalanan. Tapi tidak berlangsung lama, kurang lebih bisa berjalan lagi dengan jarak kurang dari 2 km.

Mesin kembali mati dan detikOto mencoba meghidupkan lagi tapi ternyata sudah tidak bisa karena cadangan BBM di tangki benar-benar sudah kosong. Hal utama yang dilakukan adalah mencatat atau melakukan foto pada odometer.

Saat mesin motor mati dan BBM benar-benar habis jarak tempuh yang ada di odometer tercatat 5.864,4 km. Nah, dengan begitu bisa diketahui berapa konsumsi BBM Soul GT ketika diajak keluar kota.

Penghitungannya adalah angka km pada bensin kosong dengan angka km pada tangki bensin penuh, kemudian hasilnya dibagi kapasitas tangki Soul GT. Jadi 5.864,4 km (angka km saat tangki bensin kosong atau mogok) dikurangi 5.654,5 km (angka km saat tangki bensin penuh) hasilnya adalah 209,9. Hasil 209,9 dibagi kapasitas tangki Soul GT yakni 4,8 liter, jadi hasilnya 43,7.

Jadi bisa diketahui konsumsi BBM Yamaha Soul GT ketika dibawa berkendara ke luar kota dengan kecepatan dan kondisi jalan yang beragam adalah 1 liter BBM bisa menempuh jarak sejauh 43,7 km.

(ady/ikh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya