Begini Jadinya Mobil Klasik Mazda B600 Dijejali Mesin Turbo, Suaranya Ngeri!

ADVERTISEMENT

Begini Jadinya Mobil Klasik Mazda B600 Dijejali Mesin Turbo, Suaranya Ngeri!

Septian Farhan Nurhuda - detikOto
Senin, 14 Nov 2022 10:35 WIB
Pakde Bei Budiono.
Mazda B600 Turbo milik Bei Budiono. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com
Jakarta -

Pernah tidak, sih, detikers membayangkan mobil Mazda B600 keluaran 1965 dijejali mesin turbo? Benarkah suaranya meraung-raung seperti mobil turbo yang banyak dijual sekarang?

Kolektor mobil antik sekaligus pendiri Rumah Hobby di Tangerang Selatan, Bei Budiono alias Pakde Bei merupakan sosok yang memiliki Mazda B600 bermesin turbo. Dia mengaku, kendaraan tersebut didapat dari teman dekat yang sudah bosan dengan mobil modifikasi.

"Istilahnya, teman mempercayakan saya merawat mobil ini lah. Sekarang sudah punya saya, tapi sudah lama tidak dipakai," ujar Bei Budiono saat ditemui detikOto di Rumah Hobby, dikutip Rabu (9/11/2022).

Mazda B600 Pakai Mesin Turbo.Mazda B600 Pakai Mesin Turbo. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Menurut Pakde Bei, Mazda B600 atau Mazda kotak sabun tersebut menggunakan mesin V-Twin K6T milik Suzuki Jimny yang dipasarkan di Jepang. Secara spesifik, mesin tersebut memiliki kapasitas 600 cc turbo bersilinder dua dengan muntahan tenaga hingga 60 dk.

Spesifikasi tersebut tentu terdengar 'ngeri' untuk mobil sekelas Mazda B600. Sebab, pada versi aslinya, kendaraan tersebut hanya mampu menghasilkan tenaga 28 dk.

"Kalau transmisinya pakai manual empat-percepatan. Tapi sempat kepikiran buat diganti jadi otomatis biar lebih gampang," ungkapnya.

Mazda B600 Pakai Mesin Turbo.Mazda B600 Pakai Mesin Turbo. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Penasaran dengan suaranya, detikOto meminta Pakde Bei mengeluarkan Mazda B600 turbo ke pelataran garasi. Mulanya, kendaraan tersebut sulit dinyalakan lantaran jarang sekali dipakai. Namun, dengan bantuan mekaniknya, mobil itu akhirnya bisa nyala.

Suara raungan khas mesin turbo terdengar jelas saat pedal gas diinjak dalam-dalam. Bahkan, detikOto sempat keheranan saat mengetahui fakta ada mobil klasik lansiran 1965 bisa 'menghasilkan' suara segarang itu.

Mengingat jarang dipakai dan perlu mendapat perawatan, kami tak bisa menjajal Mazda B600 turbo ke jalan raya. Namun, yang jelas, kendaraan tersebut jauh lebih bertenaga dibandingkan versi aslinya.

Ubahan Lain di Mazda B600 Turbo Milik Bei Budiono

Bukan hanya perubahan di bagian mesin, Mazda B600 tersebut juga mendapat sentuhan modern di bagian eksterior. Misalnya, penggunaan pelek 12 inci model belimbing yang dibalut ban Dunlop Duraplus 175/70 R12, tiga foglamp, spion tanduk model peluru, roof rack, serta perubahan di bagian bumper.

"Mazda B600 turbo ini juga sudah pakai pendingin AC, biar lebih adem gitu kalau dipakai siang-siang," tegasnya.

Mazda B600 Pakai Mesin Turbo.Mazda B600 Pakai Mesin Turbo. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detik.com

Meski telah mendapat pembaruan yang lebih modern, namun Bei Budiono nyatanya tak terlalu suka dengan Mazda B600 bermesin turbo. Sebab, dia menganut aliran retro original yang menjauhi modifikasi kekinian di tubuh kendaraan lawas.

"Saya kurang suka mobil ini, saya lebih suka yang asli-asli saja," kata dia.



Simak Video "Yuk! Intip Garasi Bei Budiono, Kolektor Nyentrik Puluhan Mobil Klasik"
[Gambas:Video 20detik]
(sfn/din)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT