Menperin: Karya Modifikasi Anak Bangsa Diakui Dunia

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Sabtu, 10 Okt 2020 14:34 WIB
Pameran modifikasi pertama di Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 resmi dibuka hari ini, Sabtu (17/11/2018) di Balai Kartini, Jakarta. Begini suasananya.
Indonesia Modification Expo. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Bicara industri modifikasi mobil dan motor, anak-anak Indonesia banyak yang kreatif. Saking kreatifnya modifikator Indonesia, hasil modifikasi motor dan mobil telah diakui dunia.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengakui, sejalan dengan perkembangan kendaraan bermotor, industri modifikasi kendaraan bermotor dalam negeri juga mengalami perkembangan pesat.

"Beberapa indikator yang menunjukkan hal tersebut antara lain munculnya beberapa event skala nasional dan internasional," kata Agus dalam sambutannya ketika membuka Indonesia Modification Expo yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu (10/10/2020).

Agus mengatakan, produk hasil modifikasi anak-anak Indonesia mampu bersaing di ajang internasional. Selain itu, bengkel-bengkel modifikasi di berbagai daerah pun tumbuh pesat. "Serta berkembangnya industri komponen aftermarket," sebutnya.

Pameran modifikasi pertama di Indonesia Modification Expo (IMX) 2018 resmi dibuka hari ini, Sabtu (17/11/2018) di Balai Kartini, Jakarta. Begini suasananya.Pameran modifikasi Indonesia Modification Expo (IMX). Foto: Pradita Utama

Modifikator Indonesia juga meraih banyak prestasi internasional. Salah satunya adalah diakuinya hasil modifikasi Indonesia di museum internasional.

"Seperti Thrive Motorcycle yang berhasil masuk ke The Petersen Automotive Museum, di Los Angeles, California, Amerika dan Scooter 99 yang merupakan Vespa replika yang diakui oleh Museum Vespa Italy, dan dipakai beberapa film Hollywood," ujar Agus.

"Berbagai prestasi tersebut menunjukkan bahwa modifikator nasional tidak kalah dengan modifikator luar negeri," tegasnya.



Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/rip)