Selasa, 25 Agu 2020 16:53 WIB

Alusss, Modifikasi Vixion Ala Motor MotoGP Valentino Rossi

Luthfi Anshori - detikOto
Modifikasi Yamaha Vixion ala motor Valentino Rossi Modifikasi Yamaha Vixion jadi motor Valentino Rossi. Foto: Creative custom/Jorgie Candrono
Banjarnegara -

Modifikasi naked bike menjadi motor sport sudah menjadi hal yang umum. Tapi modifikasi motor satu ini cukup unik, karena mengubah tampilan naked bike menjadi motor MotoGP. Modifikasi ini mengambil basis Yamaha Vixion, yang dipoles menjadi motor MotoGP Valentino Rossi, Yamaha YZR-M1.

Modifikasi Vixion tersebut merupakan hasil garapan bengkel Creative Custom, Banjarnegara, Jawa Tengah. Sekilas hasilnya cukup presisi dan tidak terkesan seperti modifikasi asal jadi.

Dijelaskan owner Creative Custom, Jorgie Candrono, modifikasi motor ala motor MotoGP ini mengubah sebagian rangka dan merombak seluruh bagian bodi untuk digantikan dengan fairing custom.

Modifikasi Yamaha Vixion ala motor Valentino RossiModifikasi Yamaha Vixion ala motor Valentino Rossi Foto: Creative custom/Jorgie Candrono

"Bagian subframe sampai belakang tangki kita potong, kita pasangkan rangka custom agar sesuai dengan bentuk bodi yang mau dipasang," terang Jorgie, melalui sambungan telepon kepada detikOto, Selasa (25/8).

Menurut Jorgie, pemotongan rangka dilakukan persis pada bagian sambungan. Sehingga jika pemilik ingin mengembalikan ke kondisi original tidak terlalu susah.

Ubahan selanjutnya ada di bagian swingarm atau lengan ayun. Bagian ini biasanya mempertahankan swingarm bawaan, namun dimodifikasi agar terlihat lebih kekar menyesuaikan desain motor. Bahan cover-nya sendiri terbuat dari fiber atau pelat besi, bergantung dengan keinginan dan budget customer.

Modifikasi Yamaha Vixion ala motor Valentino RossiModifikasi Yamaha Vixion ala motor Valentino Rossi Foto: Creative custom/Jorgie Candrono

"Setelah swingarm, kita lanjut ke pengerjaan kaki-kaki. Suspensi depan pakai jenis upside down. Kita biasa pakai merek aftermarket, Ride It. Bisa juga pakai suspensi bawaan, tapi jadinya kurang enak dilihat," sambungnya.

Lanjut ke bagian kaki-kaki, pelek dan bawaan dilengserkan dan diganti dengan profil yang lebih lebar dan besar. "Peleknya pakai V-Rossi yang ukuran 5,5 inci di belakang dan 3,5 inci di depan. Terus bannya saya pakai Pirelli Diablo Super Corsa yang ukuran 200/60 (belakang) dan 120/70 (depan)," ungkap Jorgie.

"Kemudian untuk kaliper rem, yang kiri pakai standar, yang kanan pakai punya Thunder 150. Tapi kalau pun mau pakai Brembo pun bisa, saya kan tinggal menyesuaikan dengan budget customer. Sedangkan untuk disc brake depan, pakai merek PSM ukuran 320 mm. Belakang masih pakai disc brake bawaan," katanya lagi.

Setelah urusan rangka dan kaki-kaki kelar, tahap selanjutnya adalah pemasangan bodi. Menurut Jorgie, pemasangan bodi custom M1 ini menggunakan baut model tanam dan meminimalisasi penggunaan braket tambahan.

Modifikasi Yamaha Vixion ala motor Valentino RossiModifikasi Yamaha Vixion ala motor Valentino Rossi Foto: Creative custom/Jorgie Candrono

"Braket fairing saya bikin ulang, saya las di bagian leheran komstir. Saya ikutin dudukannya persis kayak moge, saya pakai pipa bulat juga. Dan untuk baut yang menempel ke deltabox, itu kita bikin baut model tanem supaya fairing menempel kuat," bilang Jorgie.

Terakhir adalah pemasangan sistem pencahayaan. Jorgie mengatakan modifikasi Vixion menjadi M1 ini menggunakan lampu motor merek lain dan lampu produk aftermarket. Soal kualitas pencahayaan, tentunya dikembalikan lagi ke keinginan konsumen.

Lalu berapa biaya yang dibutuhkan untuk modifikasi Vixion jadi motor Valentino Rossi ini? "Total biaya sekitar Rp 30 juta. Itu udah full semua lah, termasuk juga spidometer kita ganti digital. Tapi kalau mau beli bodinya aja, harganya Rp 10,5 juta," jelasnya.



Simak Video "Ramainya Acara Modifikasi Motor, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com