Motor Hybrid Canggih dengan 2 Airbag

- detikOto
Selasa, 01 Feb 2011 12:57 WIB
Jakarta - Selama ini teknologi dual mesin alias hybrid hanya dikenal di mobil. Tapi siapa sangka kalau motor pun sebenarnya bisa mengaplikasi teknologi yang sama. Hal itulah yang ingin dibuktikan oleh motor hybrid, Izh Concept.

Motor konsep ini di desain oleh Igor Chak yang juga merancang motor konsep Honda CB 750 model tahun 2015 yang minggu lalu diperlihatkan.

Motor ini merupakan motor produksi Soviet sebelum jatuh ke tangan USSR yakni IMZ-Ural dan merupakan salah satu pembuat motor terbaik di dunia.

Untuk proyek motor hybrid ini Chak memakai motor Izh-1 produksi tahun 1929 yang sudah mengusung mesin V-Twin berkapasitas 1.200 cc yang memiliki 3 gigi dan tenaga 23 hp.

Motor jadul itu kemudian diberi mesin V-Twin baru yang lebih kecil yakni 850 cc namun dengan tenaga yang jauh lebih besar, 140 hp. Mesin ini meski memiliki tenaga yang besar tapi juga diklaim hemat bahan bakar berkat aplikasi automatic smart fuel-regulating system.

Selain mesin bensin tadi, Izh Concept juga didukung oleh powertrain listrik
bertenaga 60 kW dengan gearbox 2 speed.

Dengan kombinasi ini, Izh Concept pun bisa sangat efisien dengan konsumsi bahan bakar hanya 2,94 liter untuk berjalan sejauh 100 km.

Kemampuan dapur pacu motor ini pun dapat di setting sesuai dengan keinginan. Ada 3 mode yang disediakan yakni Sport, Comfort dan Manual yang bisa dipilih pengendara melalui remote control.

Eits, tunggu dulu. Sebab selain canggih, Izh Concept ini pun ternyata juga
disokong oleh berbagai perangkat inovatif lain seperti dua airbag, radar untuk melihat benda atau kendaraan di depan. Radar ini juga dilengkapi dengan night vision. Serta sensor samping yang dapat mendeteksi wilayah blind spot.

Izh Concept




Ada pula fitur keamanan lain yang juga diaplikasi di motor ini mulai dari
traction control, accelerometer for the headlights, stabilizer dan ABS.
Terakhir, motor ini juga akan mengusung fitur koneksi seperti GPS, Bluetooth 4.0, Wi-Fi dan 4G yang terhubung ke layar sentuh LCD 3D.

Karena masih konsep, sayang sekali motor masa depan yang ramah lingkungan ini belum mempunyai banderolan harga.
(lth/ddn)