Viral Yamaha Mio 2007 Jadi Motor Minion Pakai Setang-Jok Onthel, Dijual Segini

Ridwan Arifin - detikOto
Selasa, 04 Jan 2022 21:11 WIB
Volkspod Minion dari Yamaha Mio 2007
Volkspod Minion basis Yamaha Mio tahun 2007 Foto: Hara Garage
Jakarta -

Viral motor custom bergaya Volkspod besutan bengkel Hara Garage di media sosial. Sejatinya motor itu sudah laku terjual, berapa harga yang ditawarkan?

Ikhsan dari penggawa Hara Garage menceritakan motor tersebut merupakan proyek iseng bersama timnya. Dia tak menyangka jika postingannya menjadi viral di TikTok.

Volkspod yang menggunakan bagian body dari Volkwsagen Beetle atau VW Kodok pernah digarap sosok bernama Brent Walker asal Negara Bagian Indiana, Amerika Serikat. Ikhsan mengaku terinspirasi dari gambar yang beredar di internet.

"Dari google (inspirasinya), kayaknya lucu gitu. Jadi kita iseng aja. Eh tau-taunya viral pas dimasukkin ke TikTok. Nggak nyangka juga kalau bakalan viral itu motor," kata Ikhsan saat dihubungi detikcom, Selasa (4/1/2021).

Alih-alih seperti Brent Walker menggunakan mesin potong rumput, Hara Garage pakai jeroan Yamaha Mio tahun 2007. Siapa sangka proyek iseng itu justru sudah laku terjual dengan harga Rp 9,5 juta. Harga tersebut sudah termasuk motor dan part disediakan dari Hara Garage.

"Itu sudah sold, tapi kalau ada yang mau dibikinin, kita bisa bikin lagi," kata Ikhsan.

Lalu apa saja ubahannya?

Ikhsan membeberkan rangka masih menggunakan part asli namun sudah dilakukan ubahan seperti menyesuaikan bentuk konsep dari Volkspod yang ringkas.

Lebih lanjut, pada bagian Body tidak menggunakan body dari VW Beetle melainkan pelat galvanis yang dikustom. Di area fascia juga dibuat sederhana, tersemat area lampu model bulat klasik aftermarket.

Pada area kaki-kaki juga berganti, Ikhsan mengatakan velg dan ban menggunakan lansiran Vespa ukuran ring 10.

Ikhsan mengatakan motor yang dijuluki Minion dengan warna kuning pisang itu menggunakan Yamaha Mio tahun 2007. Tapi katanya, pakai motor skutik atau bebek juga bisa asal tidak terlalu besar.

Menariknya lagi ada pada area stang, jok, dan handle rem ternyata biasa terpasang pada sepeda onthel.

"Jadi ada kesan klasiknya," kata Ikhsan.

Well, tertarik meminang motor Minion ala Volkspod ini? Ikhsan bilang estimasi pengerjaan memakan waktu antara 1 hingga 2 bulan.



Simak Video "Bangga! Anak Bandung Bikin Part Aksesoris Vespa Modern 100% Buatan Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)