Nggak Kaleng-kaleng, Restorasi Suzuki Satria Hiu Ini Tembus Rp 60 Juta

Ari Purnomo - detikOto
Sabtu, 19 Jun 2021 16:30 WIB
Restorasi Suzuki Satria R LSC
Restorasi Suzuki Satria (dok Tian NK)
Jakarta -

Restorasi menjadi pilihan bagi pencinta motor lawas yang menginginkan tampilan kendaraan seperti baru lagi layaknya keluar dari dealer. Restorasi Suzuki Satria Hiu ini enggak main-main, menghabiskan budget sampai puluhan juta rupiah.

Tidak sedikit pencinta motor yang rela merogoh kocek dalam-dalam agar mendapatkan hasil terbaik untuk tunggangannya. Berbagai ubahan dilakukan supaya motor mereka bisa memuaskan hasrat dan kecintaan pada roda dua.

Seperti halnya yang dilakukan Nanang Wahyu K, yang menghabiskan dana mencapai Rp 60 juta untuk menyulap tampilan Suzuki Satria R LSCM (Lion Suzuki Corporation Malaysia) menjadi "motor baru".

Motor dua tak yang dikenal dengan sebutan Satria Hiu itu memang tengah naik daun. Banyak penggila motor yang menggunakan oli samping itu berburu motor dengan enam percepatan itu.

Tidak heran jika harga bekasnya pun rata-rata di atas Rp 15 juta.

Restorasi Suzuki Satria R LSCRestorasi Suzuki Satria R LSC Foto: dok Tian NK

Restorasi Pakai Onderdil Original

"Untuk restorasi ini saya menggunakan part-part asli dan baru, beberapa onderdilnya juga sudah langka atau tidak diproduksi lagi," kata pria yang akrab disapa Tian NK kepada detikcom, Sabtu (19/6/2021).

Sulitnya mendapatkan sparepartnya, Tian mengatakan, butuh waktu setidaknya lima bulan hanya untuk mengumpulkannya setiap bagiannya.

"Satria Hiu yang saya restorasi ini lansiran 2004, totalnya butuh waktu delapan bulan. Lima bulan untuk menyiapkan part-partnya dan tiga bulan untuk pengerjaannya," tuturnya.

Mantan guru itu menambahkan, 90 persen part yang digunakan new original Suzuki Genuine Part sesuai number part motor satria hiu LSCM.

Restorasi Suzuki Satria R LSCRestorasi Suzuki Satria R LSC Foto: dok Tian NK

Mulai dari body full set original, striping original New Suzuki Genuine Part SGP, headlamp depan assy, sein kanan kiri assy, stop lamp belakang new original SGP.

Penggantian komponen juga mencakup bagian kelistrikan new original SGP seperti CDI, spul, Kiprok, kabel body.

"Stang stir new original, jalu stang assy new, magnet ,olie pump, membran, manipol, karbu new original SGP. Lalu juga cakram depan belakang new ori SGP, shock depan assy dan part-part lainnya," ucapnya.

Restorasi Suzuki Satria R LSCRestorasi Suzuki Satria R LSC Foto: dok Tian NK

Parts Original, Harga Melambung

Penggunaan part asli dan kondisi baru maka harganya pun juga cukup mahal. Misalkan, untuk harga body set satria hiu kuning putih original SGP mencapai Rp 9 juta. Kemudian untuk striping ori harga Rp 5 juta.

"Harga speedometer original SGP Rp 3,5 juta, lampu depan Rp 3 juta, Jok Rp 3,5 juta, knalpot Rp 4,5 juta,

head cylinder plus isi new ori set kop cylinder new Rp 6 juta. CDI Satria Hiu Denso SGP Rp 2, 5 juta, balancer stang stir assy satria 2T Rp 1, 5 juta, tangki harga Rp 3 juta, dan part lainnya. Kalau ditotal mencapai Rp 60 juta," urainya.

Restorasi Suzuki Satria R LSCRestorasi Suzuki Satria R LSC Foto: dok Tian NK

Ditanya soal harga unitnya jika dijual, Tian tidak mau mengungkap harga secara rinci. Dia hanya mengisyaratkan jika harganya lebih kurang Rp 100 juta.

"Ini untuk para kolektor atau untuk kontes saja," pungkasnya.



Simak Video "Sangar! Suzuki Thunder Bekas Harga Rp 1 Jutaan Disulap Jadi Chopper"
[Gambas:Video 20detik]
(din/din)