Unik! Yamaha Mio Karbu Ini Disulap Jadi Street Cub

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Selasa, 29 Jun 2021 09:14 WIB
Jakarta -

Mendengar aliran modifikasi Street Cub, tentu sebagian dari kita akan langsung terbang nostalgia ke era 50'an, saat Honda Super Cub ramai dimodifikasi bergaya 'jalanan'. Namun apa jadinya jika aliran modifikasi street cub ini dibangun di atas motor matic?

Di tangan builder asal Sukabumi Adega, Yamaha Mio GT lansiran tahun 2012 berhasil disulap menjadi sebuah motor bergaya street cub. Walhasil motor matic yang memiliki harga bekasnya mencapai Rp 5 Jutaan ini, berubah total tampilannya.

"Awalnya kan kita lihat inspirasi modifikasi street cub, tapi kayanya lebih seru kalau kita bikin dari bahan motor matic. Biar anti mainstream," ujar Adega Anggayasta, pemilik dari Rainbow Moto Builder kepada detikOto.

Untuk membangun ide liarnya ini, Rainbow Moto Builder membongkar total Yamaha Mio GT hingga menyisakan mesin, rangka utama, engine mounting dan bagian kemudi.

Yamaha Mio GT Modifikasi Street Cub buatan Rainbow Moto BuilderTampak samping Yamaha Mio yang disulap menjadi motor bebek street cub garapan Rainbow Moto Builder Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Rangka dan Kaki-Kaki

"Untuk rangka utama, engine mouting dan area kemudi kita masih gunakan bawaan Mio GT, supaya handling motor tetap nyaman untuk harian. Sedangkan bagian sub frame kita buat sendiri," papar pria yang akrab disapa Dega ini.

Motor ini bisa dibilang kawin silang antara Yamaha dan Honda. Terlihat dari bagian bodi belakang hingga tangki yang 'plek-plekan' memakai punya Honda Astrea Grand.

"Supaya konsep street cub-nya makin kerasa, kita pakai bodi belakang punya Honda Astrea Grand, lengkap sama tangkinya. Tapi untuk bodi tambahannya kita bikin sendiri dari plat galvanis 1.2 mm," papar Dega.

Dega menjelaskan, hampir seluruh pengerjaan bodi motor ini digunakan dengan plat galvanis. Baik untuk bagian bodi samping, sayap depan hingga dop yang menutupi pelek.

Pelek yang dipasangkan Rainbow Moto Builder ke motor ini adalah pelek jari-jari dari V-Rossi yang punya ukuran ring 14 inci. dan ditutup dengan rapi menggunakan dop berwarna hitam.

Lalu untuk urusan suspensi, sok belakang motor ini dibuat ganda dengan menambahkan dudukan sok di lengan ayunnya.

Sedangkan untuk bagian depan, sok asli Yamaha yang menjadi pilihan. "Biar tampak makin berisi dan berotot, sok depannya kita kasih cover dari plat galvanis," papar Dega.

Yamaha Mio GT Modifikasi Street Cub buatan Rainbow Moto BuilderMesin asli Yamaha Mio GT yang masih karburator ini menjadi dapur pacu dari street cub garapan Rainbow Moto Builder ini Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Mesin

"Mesin masih standar, tidak ada upgrade. Paling kita servis aja. Lalu untuk area filter kita ganti pakai punya after market supaya tampilannya terlihat simple," ujar Dega.

Selain itu, menurut Dega yang tidak kalah penting adalah mengatur penempatan mesin, CVT, hingga box untuk kelistrikan supaya tampak rapi.

"Di bagian depan, karena kosong kita jadikan tempat untuk rumah aki dan kelistrikan. Sisanya mesin masih di tengah dan CVT di area belakang," papar Dega menjelaskan Mio Street Cub berwarna coklatnya ini.

Yamaha Mio GT Modifikasi Street Cub buatan Rainbow Moto BuilderTampak belakang dari Yamaha Mio Street Cub garapan Rainbow Moto Builder Foto: Muhammad Hafizh Gemilang

Siap Dipakai Harian

Dega mengklaim bahwa motor custom-nya ini siap dipakai harian dan Rainbow Moto Builder melengkapi seluruh kelengkapan berkendaranya.

"Lampu depan pakai LED Daymaker, lampu sein lengkap LED juga, spion pakai model bar end, klakson ada, tatakan plat depan belakang pun ada," papar Dega dengan yakin.

"Dari segi handling juga motor ini dibuat nyaman untuk dipakai harian. Jadi dapet motor street cub yang gayanya keren tapi tinggal gas rem aja, gak repot masuk gigi," papar Dega.

Untuk membangun motor ini, Rainbow Moto Builder membuat paket beserta motor dengan banderol Rp 25-30 Jutaan.

"Kalau motor dari customer, paketnya mulai dari Rp 20 Juta, tergantung part apa yang mau dipasang," ujar Dega, pemilik Rainbow Moto Builder rumah modifikasi yang punya workshop di Kota Sukabumi, Jawa Barat ini.

(mhg/lth)