Kreatif, Motor Listrik Ini Dibangun dari Rongsokan C70 dan Baterai Bekas Laptop

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 22 Mar 2021 10:46 WIB
Motor listrik yang dibangun dari rongsokan Honda C70
Foto: David Budiatmaja. Motor listrik yang dibangun dari rongsokan Honda C70.
Jakarta -

Kendaraan listrik tidak hanya bisa dibangun oleh produsen besar dalam skala industri. Karena komponennya yang sederhana, kendaraan listrik juga bisa dibuat oleh tangan-tangan terampil di garasi rumah. Contohnya seperti dilakukan David Budiatmaja, yang membangun motor listrik dari bangkai Honda C70 dan baterai bekas laptop.

"Saya selalu tertarik akan kendaraan listrik, bahkan sebelum Tesla ada. Karena menurut saya itu adalah metode transportasi masa depan," terang David kepada detikOto, Senin (22/3/2021).

Untuk mewujudkan cita-citanya, David mencoba membangun motor listriknya sendiri menggunakan rangka Honda C70 yang didapat dari penjual barang rongsok. Sementara suplai dayanya dirakit menggunakan baterai bekas laptop dan kamera.

Motor listrik yang dibangun dari rongsokan Honda C70Motor listrik yang dibangun dari rongsokan Honda C70 Foto: David Budiatmaja

"Karena saya kebetulan suka model street cub. Dan electric street cub yang dijual oleh Shanghai Custom saya tak bisa membelinya, karena keterbatasan dana. Oleh karena itu saya memutuskan untuk membangunnya sendiri. Bagian C70 yang digunakan hanyalah rangka dan garpu depan. Sisanya adalah campuran dari berbagai jenis part motor jenis lainnya," sambungnya.

Sementara untuk baterainya, tak semua komponen baterai bekas laptop dan kamera dipakai David. Baterai bekas tersebut harus diproses terlebih dahulu untuk memastikan mana yang dapat digunakan dan mana yang tidak.

David mengatakan bahwa konfigurasi baterai total adalah 20 paralel cell dalam koneksi seri dan 21 cell per group. Baterai dibagi menjadi 3 bagian, 2 buah 10S12P dan 1 buah 20S9P.

Motor listrik yang dibangun dari rongsokan Honda C70Motor listrik yang dibangun dari rongsokan Honda C70 Foto: David Budiatmaja

"Uniknya adalah bahwa dalam setiap cell dari 420 cell yang digunakan, semuanya menggunakan cell fuse, ini teknologi yang sama yang digunakan dalam mobil Tesla," katanya lagi.

Total kapasitas baterainya sendiri adalah 42AH, dengan jarak tempuh maksimal sekitar 50-60 km dan kecepatan maksimal sekitar 60-70 km/jam. Baterai itu bisa diisi daya listrik dari 0-100% dalam waktu sekitar 6 jam.

"Sementara sistem penggerak roda belakang yang digunakan adalah jenis hub motor dengan spesifikasi 2.000 W 72V dan kontroler votol em100," sambung pria berlatar belakang pendidikan Teknik Industri Universitas Pelita Harapan itu.

Motor listrik yang dibangun dari rongsokan Honda C70Motor listrik yang dibangun dari rongsokan Honda C70 Foto: David Budiatmaja

David mengklaim bahwa proses modifikasi motor listrik ini dikerjakan di rumah seluruhnya, dan hanya pembuatan swingarm (lengan ayun) yang dibantu bengkel bubut.

"Karena mengerjakan sendiri sambil belajar (learning by doing), akhirnya banyak gagalnya juga. Kontroler saya kebakar dua kali, Terus baterai dibongkar pasang lebih dari 4 kali," tukas David sambil mengatakan biaya modifikasi motor listrik ini menghabiskan kocek hingga Rp 15 juta.



Simak Video "Resmi! 43 Kendaraan Listrik di Sulsel Beroperasi dengan Pelat"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)