Modifikasi Motor Pakai Setir Mobil, Meski Lucu Jangan Ditiru Ya

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 12 Feb 2021 11:40 WIB
Modifikasi motor
dok. Instagram Foto: instagram/@agoez_bandz4
Jakarta -

Modifikasi motor memang bebas asal tidak membahayakan dan sesuai dengan aturan perundang-undangan. Tapi untuk modifikasi yang satu ini sepertinya tidak bisa ditiru deh, karena terbilang sangat membahayakan.

Seperti yang dipublish aku media sosial Agoez_bandz4 yang mem-posting sebuah modifikasi motor menggunakan setir mobil. "Kira-kira enak ga buat ngebut?" tulis akun tersebut.

Memang jika dilihat dari tampilan modifikasi motor ini terlihat lucu, namun modifikasi ini bisa dikatakan berbahaya bagi pengendara. Karena bisa dipastikan saat menggunakan setir kemudi mobil, motor ini akan kesulitan saat melakukan manuver, terlebih menggunakan setir kemudi mobil, saat melakukan manuver membutuhkan putaran yang lebih dalam untuk bisa berbelok.

Dengan posisi hanya memiliki dua roda hal ini sangat sulit untuk dioperasionalkan. Terlebih dalam undang-undang No. 22 2009 pasal 52 menjelaskan:

(1) Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (1) dapat berupa modifikasi dimensi, mesin, dan kemampuan daya angkut.

(2) Modifikasi Kendaraan Bermotor sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak boleh membahayakan keselamatan berlalu lintas, mengganggu arus lalu lintas, serta merusak lapis perkerasan/daya dukung jalan yang dilalui.

(3) Setiap Kendaraan Bermotor yang dimodifikasi sehingga mengubah persyaratan konstruksi dan material wajib dilakukan uji tipe ulang.

(4) Bagi Kendaraan Bermotor yang telah diuji tipe ulang sebagaimana dimaksud pada ayat (3), harus dilakukan registrasi dan identifikasi ulang.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Kontes Modifikasi Angkot, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/lua)