Modifikasi Yamaha R15 Jadi Neo Cafe Racer Ala Tunggangan Kenny Roberts

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 05 Feb 2021 09:58 WIB
Modifikasi Yamaha R15 jadi Neo Cafe Racer
Modifikasi Yamaha R15 jadi neo cafe racer. Foto: Insan Motor
Jakarta -

Yamaha R15 sejatinya merupakan motor sport dengan tampang agresif seperti keluarga R-series. Namun motor ini ternyata bisa juga diubah dengan gaya klasik, neo cafe racer, ala tunggangan pebalap Yamaha, Kenny Roberts.

Modifikasi motor ini dilakukan oleh bengkel Insan Motor, Bekasi. Secara umum, modifikasi ini mengandalkan part plug n play, sehingga pengerjaannya tidak terlalu rumit dan bisa selesai dalam waktu relatif cepat.

Modifikasi Yamaha R15 jadi Neo Cafe RacerModifikasi Yamaha R15 jadi Neo Cafe Racer Foto: Insan Motor

"Ubahannya lebih ke bodi set, dengan bahan fiberglass. Komponennya ada kondom tangki, bodi depan, dan bodi cover belakang. Di bagian belakang kita knock down supaya bisa dipasangi jok buat boncengan," kata pemilik Insan Motor Bekasi, Yustinus Erwan Santoso.

Menurut Yus, modifikasi ini sama sekali tidak mengubah rangka, baik potong sasis, maupun mengelas bagian tertentu. "Satu-satunya bagian yang diptong cuma undertail atau di bawah tempat aki. Lainnya, plug n play semua." sambung Yus.

Modifikasi Yamaha R15 jadi Neo Cafe RacerModifikasi Yamaha R15 jadi Neo Cafe Racer Foto: Insan Motor

Detail lainnya, lampu belakang menggunakan aksesoris, lampu depannya pakai day maker 7 inch. Lampu sein depan dan hazard menyatu dan akan diberi tambahan lampu sein. Kemudian di belakang nanti juga akan diberi lampu sein, tapi modelnya terpisah dan saat ini belum dipasang.

"Buat kaki-kakinya masih standar semua. Dan untuk mengejar riding style, stang diturunin sedikit 3-4 cm, jadi memang agak nongol ke atas suspensinya," kata Yus.

Modifikasi Yamaha R15 jadi Neo Cafe RacerModifikasi Yamaha R15 jadi Neo Cafe Racer Foto: Insan Motor

Sementara untuk finishing catnya terinspirasi dari tunggangan pebalap legenda Yamaha, Kenny Roberts, yang pernah mentas di ajang GP500. Tunggangan Kenny memiliki ciri khas warna kuning, dengan motif garis hitam putus-putus di bagian fairing dan bodi belakang.

Soal harga, Yus membanderol bodykit ini seharga Rp 10 juta. Paket modifikasi ini meliputi bodykit, windshield, lampu depan, lampu belakang, dan jok juga. Sedangkan untuk motif cat bebas, bergantung selera konsumen. Dan jika ada yang mau pasang stiker juga bisa. Biaya tersebut termasuk ongkos pasang, dengan estimasi waktu pengerjaan 3 minggu.



Simak Video "Ramainya Acara Modifikasi Motor, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)