Rabu, 08 Jul 2020 13:32 WIB

Gokil! Motor Kuntet Honda Monkey Jadi 4 Silinder, Suaranya Mirip Moge

Ridwan Arifin - detikOto
Honda Monkey 4 Silinder Honda Monkey 4 Silinder Foto: Motosaigon
Jakarta -

Astra Honda Motor sudah menjual Honda Monkey Z125 di GIIAS 2019, generasi sebelumnya mesinnya hanya 50 cc, atau dikenal Monkey Z50. Honda Monkey generasi sebelumnya yang produksinya disetop pada 2017 itu kini dijejali mesin 4 silinder 250 cc.

Saat digeber, motor dengan ukuran mini alias kuntet ini tentu bikin pangling. Betapa tidak, meski ukurannya yang kecil tapi bisa mengeluarkan suara melengking layaknya motor gede.

Dikutip dari Motosaigon, Rabu (8/7/2020) mesin 50 cc itu dicopot lalu diganti dengan mesin 4 silinder segaris kepunyaan Honda CBR250RR (MC22). Dengan jantung mekanis yang baru, Honda Monkey ini tentu punya tenaga lebih besar hingga 45 PS di 15000 rpm.

Sekedar informasi, Honda sempat memproduksi Honda CBR250RR di era 1990-an. Tapi motor sport fairing ini hanya dijual di pasar Jepang.

Walhasil bukan tidak mungkin, para modifikator Jepang lebih mudah mendapatkan limbah-limbah dari CBR250RR ini. Sebelumnya bahkan sempat ada motor Super Cub Honda yang dijejali mesin yang sama.

Dilihat dari video klip YouTube 94 Impala SS, Honda Monkey 250 cc 4 silinder ini tidak hanya memasang mesin secara plug n play.

[Gambas:Youtube]



Selain swap engine, pada bagian rangka terlihat mengalami perombakan, pun terlihat di bagian lengan ayun motor terlihat lebih kekar. Secara dimensi mesin lebih besar, tentu butuh banyak penyesuaian.

Ubahan lain juga terlihat pada bagian handling, pengereman yang sudah menggunakan double cakram depan dan belakang, dan sektor kaki-kaki seperti suspensi yang menggunakan lansiran Ohlins. Pun untuk mendukung raungan mesin 4 silinder, saluran pembuangan juga sudah diganti knalpot racing merek Akrapovic.

Saat motor kuntet 250 cc 4 silinder ini digeber, kesan gahar pun terpancar. Tidak hanya suara melengking, dalam video lain diperlihatkan bagaimana kecepatan maksimal motor ini atau dites saat berjalan. Posisi gigi dua saja, mampu sanggup berlari 132 km/jam. Duh, kalau ketemu di jalan bikin pangling ya detikers.



Simak Video "Ramainya Acara Modifikasi Motor, Bogor"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com