Senin, 30 Des 2019 19:43 WIB

Lihat Proses Modifikasi Motor W175 Presiden Jokowi

Ridwan Arifin - detikOto
Motor Modifikasi Jokowi Foto: Dok.Istimewa Motor Modifikasi Jokowi Foto: Dok.Istimewa
Jakarta -
Hobi motoran Presiden Jokowi memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Bersama motor chopper basis W175, terakhir terlihat motor itu dikendarai di perbatasan Kalimantan dan motoran bersama Kaesang di Bogor.

Seperti yang diketahui motor tersebut digarap oleh bengkel modifikasi Katros Garage. Melalui channel Youtube pribadinya, ia menceritakan bagaimana proses modifikasi motor berkelir hijau itu.

"Ngomongin soal teknis pengerjaan saat itu tim katros memulai proses pengerjaan motor ini dimulai dari melepas bagian body-body standar," kata Atenx seperti dilihat detikcom, Senin (30/12/2019).


Usai melepas body, langkah selanjutnya ialah menyentuh bagian sasis motor. Namun Atenx menyebut frame sasis tersebut bukan digarap dari bengkelnya.

"Selesai melepas bagian body standar kita mulai menggarap bagian sasis. Nah mengingat waktu pengerjaan yang nggak banyak. Bagian sasis ini gue serahkan ke bengkel temen gua, Cycles Custom Work," ungkap Atenx.


Salah satu bocoran dalam memodifikasi motor, Atenx mengenalkan salah satu alat untuk mengukur presisi bentuk.

"Pembuatan sasis di motor chopeer itu memerlukan jig," ungkap Atenx.

"Hanya ngerjain frrame utamanya saja, untuk bagian detail full step, braket-braket, perangkat pengereman itu kita kerjain sendiri di Katros Garage," ujarnya.

[Gambas:Youtube]



Bagian-bagian lain yang juga dirubah dari Katros Garage adalah tangki yang dibuat lebih kecil, serta penambahan cover pada bagian atas headlamp yang terbuat dari pelat besi. Sebelum perakitan, motor pak Jokowi ini diberi sentuhan warna, finishing alias pengecatan.


"Pada bagian sasis kita bawa hitam doff, sedangkan pada bagian body kita cat menggunakan warna hijau," kata cerita Atenx.

Usai memberi warna, langkah terakhir yang dilakukan adalah merakit motor. Atenx menyebut pengerjaan semuanya itu memakan waktu sekitar 2 bulan.


Simak Video "Jokowi Tunggangi Motor Modif, Pantau Jalan Perbatasan RI-Malaysia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com