ADVERTISEMENT
Minggu, 21 Apr 2019 16:23 WIB

Terinspirasi dari Helm, Modifikasi Motor Ini Hingga Rp 40 Juta

Roby Setiawan - detikOto
Modifikasi Honda CBR Rp 40 juta jadi mirip helm. Foto: Roby Setiawan Modifikasi Honda CBR Rp 40 juta jadi mirip helm. Foto: Roby Setiawan
Bogor - Sebuah motor Honda CBR 250 menjadi juara dua dalam ajang modifikasi Indonesia CBR Race Day (ICE Day) 2019 di Sirkuit Sentul. Yang menarik, konsep modifikasi motor ini justru terinspirasi dari sebuah helm, dan bukan sebaliknya.

"Saya konsepnya ngambil dari helm X-Lite yang X-803 SBK. Jadi pertama saya cari helm, dapat itu saya tertarik, lalu saya aplikasikan ke decal motor," ujar sang pemilik motor, Oki Nataniel kepada detikOto, Minggu (21/4/2019).


Dengan konsepnya ini, motornya berhasil menempati posisi dua motor dengan modifkasi terbaik, berdasarkan jumlah likes di Instagram. Saat perhitungan motor ini berhasil mendapatkan sekitar 647 likes dalam waktu tiga jam saja.

Sementara dari sisi biaya yang dikeluarkan, ternyata motor milik Oki menelan biaya paling mahal dibanding dua motor dengan modifikasi terbaik lainnya. Jika dua motor lain menelan biaya tak lebih dari Rp 10 juta, motor Oki menelan biaya modifikasi hingga Rp 40 juta.

"Handle rem itu RCS 19, koplingnya Accosato, spionnya, karbonnya, knalpotnya Akrapovic full system, lalu tabung rem CNC depan-belakang, sama decal, dan kaliper Rambo," ujarnya.

Ia mengatakan walaupun banyak mengganti komponen motornya, bagian paling menonjol dan menjadi kelebihan adalah tetap pada decalnya. Menurutnya decal atau motif yang dibuatnya, berkombinasi dengan karbon ini belum ada yang membuat, sekaligus memang bagian paling sulit.

"Knalpotnya Akrapovic masuk dengan model motornya," tambahnya.

"Paling sulit sebenarnya nyari motif decalnya, motif stikernya, itu yang paling sukit, berapa bulan saya mikir itu. Akhirnya saya mesti beli dulu helmnya, lalu saya aplikasikan ke motor," katanya.

Oki menjelaskan untuk menyelesaikan modifikasinya ia membutuhkan waktu sampai enam bulan lamanya. Tidak bekerja sendirian, ia pun turut dibantu komunitas Layz Motor dan Graphic Factory Sticker dalam pengerjaan modifikasinya ini.


Lebih lanjut ia pun membagikan tips bagi yang ingin memodifikasi motor dengan baik. Baginya menentukan konsep yang tepatndan sesuai dengan motor adalah poin penting sebelum memikirkan rencana modifikasi lebih jauh.

"Konsep itu diambil dari mana, dasarnya apa, itu yang sebenarnya kebanyakan orang modif itu berfikir lama di decalnya. Mau pasang ini itu malah kontra, gak pas," pungkasnya. (dry/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com