Selasa, 13 Nov 2018 11:02 WIB

Modifikasi Tak Cuma Chopper kayak Jokowi, Ini Aliran Motor Kustom

Luthfi Anshori - detikOto
Aliran Modifikasi Motor. Foto: braaapmotorcycles Aliran Modifikasi Motor. Foto: braaapmotorcycles
Jakarta - Tren modifikasi motor kustom akhir-akhir ini sedang naik daun. Motor kustom bisa menjadi opsi bagi pemilik motor yang menginginkan konsep modifikasi klasik, tapi tetap cocok dikendarai di masa kini.

Tidak hanya mulai digemari kalangan anak muda, bahkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pun cukup menyukai motor kustom. Tokoh asal Solo ini sampai punya dua motor kustom, dari basis Royal Enfield Bullet 350 dan Kawasaki W175.



Tapi asal Otolovers tahu, motor kustom itu memiliki banyak aliran. Mulai dari Scrambler, Cafe Racer, Tracker, Brat-Bob, Brat, Chopper, American Bobber, dan European Bobber. Seperti dilansir braaapmotorcycles, masing-masing aliran modifikasi tersebut punya ciri khas dan karakter masing-masing. Jadi jangan sampai salah penyebutannya.

Contohnya seperti Scrambler. Jenis modifikasi ini sangat mirip dengan Tracker. Bedanya, Scrambler punya konstruksi rangka yang lebih tinggi dan biasanya memakai ban semi offroad. Tujuannya supaya bisa dipakai di segala medan jalan, mulai aspal halus hingga tanah berlumpur.

Sementara untuk Cafe Racer, merupakan aliran modifikasi yang terinspirasi dari ajang Moto Grand Prix di Inggris dan Eropa pada dekade 1950-an. Modifikasi Cafe Racer memiliki ciri khas tangki bensin agak besar, jok tunggal, yang dikombinasikan buritan model buntut tawon. Selain itu, Cafe Racer biasanya menggunakan setang jepit dan half fairing untuk mendukung tampilan ala motor balap.

Selanjutnya untuk modifikasi Tracker, sekilas punya bentuk identik dengan Cafe Racer. Bedanya aliran Tracker dikembangkan dari ajang balap motor di Amerika. Tracker punya ciri khas bentuk tangki yang lonjong dan model jok pendek yang datar. Selain itu, posisi setangnya tinggi untuk mendukung pengendalian di trek tanah.



Dari Jepang, ada aliran modifikasi Brat yang juga punya konsep mirip Cafe Racer. Perbedaannya, jika Cafe Racer punya jok pendek ala buntut tawon, Brat style punya ciri khas model jok datar yang tipis dan memanjang.

Sedangkan untuk modifikasi beraliran Chopper seperti punya Jokowi, karakternya bisa dilihat dari posisi setang yang tinggi dan jok tunggal yang rendah. Modifikasi ini berasal dari Amerika dan cukup banyak builder Indonesia yang mengembangkan jenis aliran modifikasi Chopper, seperti Baru Motor Sport (BMS), Elders Garage, dan Kickass Choppers.

Terakhir adalah aliran Bobber. Jenis modifikasi ini punya ciri khas profil ban yang gendut seperti donat. Modifikasi Bobber pun bisa dikombinasikan dengan gaya modifikasi lain, seperti Brat-Bobber atau Chopper-Bobber. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed