Jumat, 12 Okt 2018 10:14 WIB

Motor Skutik Tak Hanya Bisa Angkat Galon Saja Kok!

Luthfi Anshori - detikOto
Modifikasi Honda Vario. Foto: Ian Juno Modifikasi Honda Vario. Foto: Ian Juno
Jakarta - Motor skutik memang tidak bisa lepas dari kesan 'motor pekerja'. Pasalnya motor jenis ini bisa membawa akomodasi banyak. Sebut saja tabung gas, air minum dalam galon, atau barang kebutuhan sehari-hari lainnya.

Pandangan itulah yang berusaha ingin dihapus Ian Juno. Ketika Honda Vario 150 diluncurkan, modifikator asal Yogjakarta ini membeli unitnya dan memodifikasinya jadi skutik yang lebih maskulin.


"Lewat modifikasi ini saya mau mengubah persepsi orang kalau motor skutik cuma bisa dipakai buat harian, hanya bisa angkat galon doang. Padahal kalau dimodifikasi, motor skutik bisa kok tampil garang," ucap Ian Juno kepada detikOto, melalui pesan singkat (11/10/2018).

Karena fokusnya ingin membuat tampilan kekar, maka modifikasinya berkisar di area kaki-kaki.

"Secara desain, Vario 150 baru ini bisa dibilang out of the box dari desain Vario yang dulu. Jadi modif, fokus di area pelek dan ban," lanjut Ian.

Dari bagian kaki-kaki, pelek bawaan dilengserkan dan diganti dengan pelek aftermarket RCB yang lebih lebar. Pelek depan pakai lebar 3,5 inci dan pelek belakang pakai ukuran 4 inci. Sedangkan untuk ukuran peleknya sendiri masih sama, yakni 14 inci.

Membalut kedua pelek lebar tersebut, Ian memilih ban Pirelli Diablo Rosso dengan ukuran lebar. "Ban depan pakai ukuran 120/70 dan ban belakang ukuran 150/70," lanjut pria yang ternyata basic-nya modifikator Maxi Yamaha ini.

Mempermanis tampilan, model setangnya dibikin 'telanjang', kemudian ada knalpot CBR150 yang turut dicangkokan. Selebihnya, modifikasi Vario 150 ini mengandalkan komponen-komponen aftermarket yang plug n play, tanpa ada ubahan di bagian dapur pacunya.


Lalu berapa total biaya yang dihabiskan untuk memodifikasi All New Vario 150 ini?

"Sekitar 15 jutaan rupiah, mas," pungkas Ian.

Data Modifikasi

Pelek : RCB 4" 3,5"
Ban : Pirelli Diablo Rosso 120/70 (depan) 150/70 (belakang)
Upsidedown : Scarlet
Segitiga : Custom CNC
Filter udara : Mutaru
Footstep : Bungbon
Knalpot : CBR150
Sok belakang : RCB
Kaliper : RCB
Master rem : RCB
Handle rem : Bikers
Spion : TAD
Lengan ayun : Custom CNC
Setang : Custom CNC
Cakram belakang : TDR
Cakram depan : Scarlet (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed