Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 27 Maret 2018, 21:01 WIB

Asal Aman, Motor Modifikasi Seperti Punya Jokowi Boleh Jalan

Dina Rayanti - detikOto
Asal Aman, Motor Modifikasi Seperti Punya Jokowi Boleh Jalan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Presiden Jokowi berbincang di motor chopper. Foto: Jokowi-Airlangga di Istana Bogor (Dok. DPP Golkar)
Jakarta - Memodifikasi motor boleh-boleh saja asalkan sesuai dengan aturan yang ada. Bahkan Presiden Joko Widodo saja kepincut dengan motor kustom bergaya chopper.

Modifikasi motor diizinkan selama tak mengubah spesifikasi yang ada di dalam surat-surat kendaraan bermotor serta tidak menghilangkan standar yang sudah ditentukan.

"Industri chopper itu kan industri yang custom made. Artinya selama komponen yang digunakan itu adalah komponen-komponen yang memenuhi safety dan juga kendaraan itu dilengkapi dengan fitur-fitur keamanan antara lain lampu sein, kaca spion, tentu itu bisa layak jalan," tutur Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di kantornya, di Jakarta, Selasa (27/3/2018).



"Itu kan sifatnya tailor made, semua dibangun berbasis keamanan. Royal Enfield ini kan modifikasi bukan standar produk, nah itu kita mendorong kreativitas dan inovasi anak-anak muda," lanjutnya.

Motor hasil garapan Elders Garage yang berkolaborasi dengan Kickass Choopers itu surat kendaraan bermotornya lengkap. Heret Frasthio, pendiri dan pemilik Elders Garage, beberapa waktu lalu mengatakan ketika membeli basis motor ini, pihaknya sudah mendapatkan surat-surat lengkap. Jadi, secara legalitas tak ada kendala.

"Semua yang safety kepada pengendara dan safety kepada pengendara lainnya itu harusnya layak," pungkas Airlangga.

(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed