Selasa, 27 Mar 2018 11:51 WIB

Inisiatif Komunitas Skuter Bongsor Yamaha untuk Difabel

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Inisiatif Komunitas Skuter Bongsor Yamaha untuk Difabel Foto: Pool (Youtube) Inisiatif Komunitas Skuter Bongsor Yamaha untuk Difabel Foto: Pool (Youtube)
Jakarta - Echi Pramitasari menjadi lady bikers anggota klub Jakarta Max Owners (JMO). Keterbatasan fisik tak menjadi halangan bagi Echi untuk menjalani aktivitasnya menggunakan skuter matik (skutik) bongsor.



Echi juga menjadi anggota istimewa di JMO. Baru-baru ini, dia mengeluhkan motor Nmax yang dimodifikasi menjadi roda tiga bermasalah, tepatnya di bagian sambungan roda belakang. JMO pun inisiatif membantu Echi menyelesaikan masalah di motor roda tiganya tersebut.

"Dia kan salah satu member kita di JMO, sebulan lalu dia kontak kita. Karena kan motornya modifan ya, terus patah bagian rangka modifan yang buat roda tiga itu. Karena inisiatif teman-teman ya udah kita benarin lah," kata Ketua Umum JMO, Wahyu Widodo atau yang akrab dikenal dengan sapaan Wahwi kepada detikOto melalui sambungan telepon.

Baca: Echi Naik Kursi Roda dan Yamaha NMAX

Kebetulan, salah satu anggota JMO ada yang memiliki bengkel untuk membenahi masalah Echi. Baru pekan kemarin motor selesai dibenahi.

Masalah pada motor Echi, kata Wahwi, adalah rangka untuk menyambung dua roda belakangnya sering patah. Beberapa kali sudah dibenahi, tapi tetap patah juga.

"Kelihatannya waktu modif dulu salah konstruksi kayaknya sih, makanya disempurnakan lagi," kata Wahwi.



Akhirnya, JMO mengubah lagi modifikasi motor Echi yang menjadi kendaraan kesehariannya tersebut. Bagian rangka dua roda belakang dan beberapa bagian di sekitarnya diubah.

"Karena tadinya kan roda dua diubah jadi roda tiga pasti kan berubah. Itu kemarin sengaja kita benarin. Karena dari dulu dipakai patah lagi, patah lagi. Akhirnya kita benerin, diakalin konstuksinya," sebut Wahwi.

Pihak JMO ingin membantu Echi karena memang motor ini digunakan Echi untuk kegiatan sehari-hari. Wahwi menyebut, pihaknya tak ingin melihat Echi kesusahan tanpa kendaraan kesayangannya itu.

"Karena kan itu kakinya Echi buat ke mana-mana. Kemarin (pas di bengkel) sempat dua minggu dia nggak ada kendaraan, kasihan juga. Masalahnya kan dia sama sekali nggak bisa menapak, dari pinggang ke bawah nggak ada rasanya, lumpuh total. Ke mana-mana pakai kursi roda. Jadi kalau mau berangkat ya minta bantuan orang buat ngelipat kursi rodanya dan diikat di belakang motor. kalau dia untuk naik ke motornya bisa sendiri," ucap Wahwi.

[Gambas:Youtube]

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed