Ciamik! Warga Jepara Sulap Kijang '80-an Jadi Mobil Kayu Jati

Dian Utoro Aji - detikOto
Minggu, 26 Sep 2021 19:16 WIB
Jepara -

Perajin mebel di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, memodifikasi mobil Kijang tahun 1985 menjadi berbodi kayu. Mobil itu pun hampir seluruhnya dibuat dari kayu jati.

Dia adalah Rosidi (42) warga Desa Tulakan Kecamatan Donorojo. Saat ditemui, mobil kayu buatan Rosi terparkir di halaman depan rumah miliknya. Terlihat mobil tersebut berkilau dengan bodi hampir semua adalah kayu.

Rosi menuturkan, awalnya memodifikasi mobil kayu itu adalah iseng saja. Terlebih setelah terdampak pandemi dirinya mencoba untuk memodifikasi mobil kayu tersebut.

Rosi memodifikasi mobil Toyota Kijang tahun 1985 menjadi berbentuk VW Lele dengan bodi kayu jati.

"Saya punya iseng, dulunya saya punya mobil dari Toyota Kijang kotak tahun 1985. Saya ambil sasis dan mesin doang, terus saya robah (ubah) mobil kayu ini. Saya ambil mesin sama surat-suratnya doang kemudian sama yang lain buang, terus saya ganti bodi bentuk mobil kayu ini," ungkap Rosi.

"Jadinya mobil VW lele," sambung dia.

Perajin mebel di Jepara modifikasi mobil menjadi berbodi kayuPerajin mebel di Jepara modifikasi mobil menjadi berbodi kayu Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Rosi mengaku membutuhkan biaya Rp 85 juta untuk memodifikasi mobil miliknya. Proses pembuatan modifikasi mobil itu pun dilakukan selama setahun. Dia mengaku mengerjakan sendiri modifikasi mobil kayu tersebut.

"Proses pembuatan dari awal (pandemi) Corona sampai sekarang sudah setahun lebih. Itu saya kerjakan saya doang tidak ada temannya jadi single," kata Rosi.

"Biayanya sampai sekarang habis Rp 85 juta habisnya belum tenaga selama setahun ini," ungkapnya.

Perajin mebel di Jepara modifikasi mobil menjadi berbodi kayuPerajin mebel di Jepara modifikasi mobil menjadi berbodi kayu Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Dia mengatakan modifikasi mobil itu hampir semua merupakan kayu. Jenis kayu yang digunakan adalah jati. Rosi mengatakan, mobil kayu itu dibandrol harga Rp 200 juta. Namun hingga kini belum ada yang deal memiliki mobil kayu buatannya.

"Jenis kayu jati semua. Habis kayu bikin 5 kubik. Sampai sekarang belum ada temannya. Dilego Rp 200 juta, selama ini banyak yang nawar tapi kurang Rp 200 juta. Banyak orang Lombok, Jakarta banyak pokoknya," ungkapnya.

Ada yang unik di mobil berbodi kayu itu. Di antaranya ada pewayangan punakawan yang ditempel pada bodi mobil. Hal itu pun memiliki makna. "Mobil tua ya kalau jalan tidak kayak mobil yang baru jadi pelan-pelan. Jadi jalannya tidak seperti muda. Jadi saya tempel gambar punakawan. Makanya saya kasih lambang wayang-wayang," jelas Rosi.

Perajin mebel di Jepara modifikasi mobil menjadi berbodi kayuPerajin mebel di Jepara modifikasi mobil menjadi berbodi kayu Foto: Dian Utoro Aji/detikcom

Tidak hanya itu, tuas perseneling juga diukir menyerupai kepala naga. Sedangkan sistem kendali, setir tidak sepenuhnya dibuat dari kayu. Dia tetap mempertahankan setir aslinya, kayu hanya digunakan sebagai cover pelapis.

"Itu saya kasih ular (tuas perseneling) sementara itu kan panjang saya bikin sendiri," jelas Rosi.

Rosi menambahkan selama pekerjaan tidak ada kendala. Sebelumnya juga, bapak dua anak itu pun sempat memodifikasi motor supra menjadi berbodi kayu jenis Harley.

"Kendala ada, tapi tidak sampai ribet ya. Dulu masalah mesin lainnya mesin sudah tidak ada kendala apa-apa," ungkap Rosi.

"Dulu sepeda motor, kedua ini mobil. Motor sudah lama tahun 2016. Mesin supra saya bentuk Harley Jawa," lanjutnya.

Kini mobil buatannya itu biasanya disewakan untuk acara pernikahan warga sekitar. Rosi tidak mematok harga untuk disewakan tersebut.

"Kesehariannya mobil sementara disewakan buat acara pengantin. Sekali sewa terserah saya tidak tarif," pungkasnya.



Simak Video "Bikin Pangling! Ini Wujud Suzuki Karimun 2 Pintu dari Ciputat"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/mhg)