Ketika Bus Dimodifikasi Jadi Mobil Towing

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 28 Feb 2021 16:11 WIB
Ketika bus penumpang dimodifikasi jadi mobil towing
Foto: Screenshot Instagram. Ketika bus penumpang dimodifikasi jadi mobil towing.
Jakarta -

Biasanya bus penumpang yang sudah habis masa izin pakainya bakal dialihkan penggunaannya untuk bus karyawan atau bus logistik. Tapi kasus yang satu ini cukup menarik, karena mengubah fungsi bus penumpang menjadi kendaraan towing untuk mengangkut mobil.

Bus penumpang yang dimodifikasi jadi bus towing ini ternyata merupakan salah satu armada PO Mayasari Bakti Group. Dalam penjelasan melalui akun Instagram resminya @pt_mayasaribaktigroup, dijelaskan jika mobil towing ini dibangun dari rangka dan mesin armada bus bekas.

[Gambas:Instagram]


"Chasis lama ,Chasis punya Mayasari Bakti. Hino AK (mesin depan)," ujar penjelasan pihak PO Mayasari Bakti, menjawab salah satu pertanyaan netizen di postingan foto tersebut.

Sementara untuk desain bodinya sendiri, tampak dari bagian kepala bus menggunakan desain seperti bodi Avante buatan karoseri Tentrem. Modifikasi ini dilakukan di Garasi Cinangka.

Secara tampilan, desain bus ala mobil towing ini memang cukup unik. Bagian kepalanya mengotak seperti bus yang dipenggal. Di kedua sisi bagian samping bus towing ini menyisakan masing-masing tiga pilar kaca. Selanjutnya, sebagian besar bagian bodi dipapas habis dan dibentuk seperti mobil towing.

Tapi meskipun memberi ruang yang sangat lapang untuk mengangkut kendaraan, fungsi bus towing ini ternyata bukan untuk mengangkut kendaraan besar seperti bus atau truk berukuran medium.

"Untuk (towing) mobil pribadi," jelas pihak Mayasari Bakti Group.

Nah, menurut Anda, bagaimana desain bus towing ini detikers? Bisa diterima atau cenderung memaksa?



Simak Video "Karyawan Protes Terjaring Penyekatan di Purwakarta, Bus Diputar balik"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)