Elon Musk Bisa Ngambek, Mobil Listrik Tesla Diubah Pakai Mesin Bensin

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 23 Des 2020 10:44 WIB
Modifikasi Tesla jadi mobil bensin
Modifikasi Tesla jadi mobil bensin Foto: Youtube Rich Rebuild
Jakarta -

Banyak modifikasi mobil intenal combustion engine (ICE) atau mesin konvensional diubah menjadi mobil listrik. Tapi yang satu ini berbeda, mobil Tesla model S diganti menjadi mesin bensin.

Dikutip Carscoops, Rabu (23/12/2020) modifikasi itu dilakukan oleh pria asal Massachusetts, Rich Benoit. Ia memulai proyek dengan menggunakan mesin V8 milik Camaro LS3 lengkap dengan transmisi manual enam kecepatan.

Proyek ini masih dalam tahap awal, setidaknya ada tiga mobil Tesla yang sudah rongsok untuk dijadikan bahan modifikasinya. Untuk diketahui, dalam channel YouTube-nya yang bernama Rich Rebuild, Benoit juga kerap menyulap Tesla yang rusak menjadi kembali bisa mengaspal lagi.

Sekitar tiga bulan pada video sebelumnya, dia mengubah quad Yamaha menjadi cybertruck Cyberquad. Dia juga menunjukkan dirinya sebagai seorang pecinta lingkungan dan mengkritik Tesla karena tidak menyediakan suku cadang untuk bengkel independen seperti miliknya.

Dalam proyeknya mengganti Tesla Model S dengan mesin Camaro LS3. Di sisi lain, karena pasokan suku cadang dan pilihan untuk modifikasi di Tesla tidak cukup untuknya, dia memutuskan untuk mencomot Tesla Model S itu dari barang rongsokan dan melakukan swap engine dengan mesin bensin.

Menurutnya ini bukan langkah mundur, tetapi memastikan bahwa setiap mobil dapat diperbaiki dan diganti berulang kali.

Meski Benoit sadar betul jika mengganti mesin bensin ke mobil listrik bukan perkara mudah. Sebab, sasis Tesla tidak dirancang untuk mengakomodasi hal-hal tersebut.

Misalnya saja, sasis Tesla model S tidak memiliki transmission tunnel. Terlebih lagi, karena unit baterai Model S terletak di lantai, ini juga berfungsi sebagai bagian struktural utama mobil. Oleh karena itu, Benoit perlu mencari cara untuk memperkuat sasis.

Hanya saja, proyek ini belum selesai. Benoit masih terus mengakali agar mobil listrik Tesla bertenaga V8 itu bisa benar-benar melenggang di jalan raya.



Simak Video "Elon Musk: Jika Tesla Dipakai Mata-matai China, Kami Akan Ditutup"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)