Daihatsu Gran Max Dimodifikasi Jadi 'Mobil Tempur', Perangi COVID-19

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 29 Nov 2020 18:05 WIB
Daihatsu Gran Max dimodifikasi untuk perangi COVID-19
Daihatsu Gran Max dimodifikasi untuk perangi COVID-19. Foto: Dok. ADM
Jakarta -

Dua unit Daihatsu Gran Max dimodifikasi menjadi kendaraan khusus untuk membantu memerangi pandemi COVID-19. Mobil yang dikenal punya kabin luas ini dilengkapi sejumlah perangkat untuk membantu tenaga medis dalam melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pasien.

Kesadaran dalam memerangi pandemi virus Corona terus dilakukan seluruh pihak mulai dari pemerintah, tenaga medis, perusahaan, dan juga masyarakat. Merespons hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) juga ingin berkontribusi kepada masyarakat dalam menangani wabah ini.

Sebagai langkah nyata, Daihatsu mendonasikan 2 unit mobil Gran Max, yang telah dimodifikasi menjadi Mobile Clinic and Information, kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada 24 November 2020 di Gedung Pakuan, Bandung.

Daihatsu Gran Max dimodifikasi untuk perangi COVID-19Daihatsu Gran Max dimodifikasi untuk perangi COVID-19 Foto: Dok. ADM

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, mobil klinik ini dimodifikasi agar dapat digunakan sebagai sarana untuk edukasi kesehatan, dan ada satu dokter yang nantinya siap melayani kesehatan masyarakat.

Selain itu, pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut juga memberikan apresiasi dan turut mendoakan kesuksesan kepada seluruh perusahaan yang terus berkontribusi kepada masyarakat.

Daihatsu Gran Max ini telah dimodifikasi secara khusus menjadi mobil klinik ini ditujukan untuk tenaga medis dalam melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pasien, sekaligus memberikan informasi kesehatan yang penting untuk dilakukan, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Mobil klinik ini juga dilengkapi beragam fasilitas, seperti kursi dokter dan pasien, wastafel, APAR, dan tabung oksigen. Sedangkan untuk media informasi, mobil ini juga dilengkapi dengan genset, TV & DVD player, sound system, microphone, dan tenda awning agar dapat memberikan edukasi kesehatan secara maksimal kepada masyarakat.

"Kami berharap donasi berupa 2 unit mobil klinik berjalan dan informasi ini dapat membantu tenaga medis dalam memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, khususnya di Jawa Barat. Semoga melalui kontribusi ini, Daihatsu dapat selalu dekat kepada masyarakat," ujar Karawang Assembly Plant Executive Officer ADM, Feryanto Setyadi.



Simak Video "Gagal Atasi Pandemi, Presiden Paraguay Reshuffle Menteri"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)